Petani Milenial HSS Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Sekali Panen

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan-Di lahan seluas 10 borongan , Petani milenial desa telaga langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berhasil  membudidayakan pepaya varietas California BP 9. Dari aktivitasnya ini, mereka bisa meraup keuntungan jutaan rupiah sekali panen.

“Empat kali panen dalam sebulan keuntungan bisa mendapat Rp 6 sampai Rp7,5 juta. Itu hanya hasil panen perdana, kalau sudah lama akan lebih banyak lagi hasilnya,” ujar petani milenial, Desa Telaga Langsat, Yandi Aulia Rahman, Rabu (22/6).

Dengan memaksimalkan lahan pertanian yang ada , Tanaman varietas papaya California mulai dikembangkan oleh para petani di sana, karena jenis ini banyak peminatnya dan keuntungannya sangat menjanjikan.

Dikatakannya, keberhasilan membudayakan pepaya awalnya tidak lepas dari lingkungan dan orang tua yang juga sebagai petani, sehingga tumbuh dalam jiwa untuk membangun dunia pertanian.

BACA JUGA:  Pertamina Penuhi Stok Energi di Kalsel

“Alhamdulillah dalam membangun dunia pertanian ini berimbas pada petani yang muda-muda di Desa Telaga Langsat. Insya Allah regenerasi petani di Desa Telaga Langsat ke depan aman, karena sudah terus dari yang tua hingga yang muda-muda,” ujarnya.

Selain menanam papaya, dirinya bersama kelompok pertanian maju bersama Desa Telaga langsat juga menanam tanam cabe rawit, pare, gambas, lembu madu, dan semangka, jeruk lemon, jeruk madu, jambu kristal dan alpukat.

Untuk pemasaran hasil dari pertanian selain di pasarkan di outlet miliknya, pemasaran juga di lakukan sampai ke luar daerah Kalsel, seperti Kalteng dan Kaltim.

“ Selain dipasarkan ke berbagai daerah di Kalimantan, kami juga memiliki outlet-outlet sebagai sarana penjualan,” terangnya.

BACA JUGA:  BI Selenggarakan Pameran UMKM Karya Kreatif Banua

Reporter : Amutz
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait