Menuju Kalsel Pintu Gerbang IKN, Ibnu Sina Pinta Percepatan RDTR Banjarmasin

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menghimbau agar pembahasan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang rujukannya dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dapat segera selesai secepatnya.

Hal ini ia sampaikan saat membuka sekaligus memberikan arahan pada kegiatan Konsultasi Publik (KP) ke – 1 Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kawasan Perkotaan Banjarmasin, yang berlangsung di Hotel G Sign Banjarmasin, Rabu (15/06)

Ibnu Sina meminta agar pembahasan RDTR itu hanya beberapa kali saja sesuai dengan ketentuan UU yaitu dua kali konsultasi,

“Kita lalui seluruh tahapan-tahapannya sebagaimana juga RDTR kawasan Mantuil kemarin cukup cepat itu pembahasannya. Saya kira itu bisa dijadikan pembelajaran untuk RDTR kawasan perkotaan”, tutur Ibnu Sina.

BACA JUGA:  Peredaran Minol di Kota Harus Ditertibkan Sesuai Aturan

Selain itu, deklarasi Gubernur tentang Kalsel sebagai pintu gerbang IKN juga menjadi pertimbangan,

“Kita ini suka atau tidak suka pasti terdampak, bahkan pak Gubernur mendeklarasikan Kalsel sebagai pintu gerbang bagi IKN,” ujarnya.

Ke depan, menurutnya akan cukup banyak pembangunan infrastruktur di Kota Banjarmasin, karena kota tersebut merupakan akses yang penting dalam program pemindahan IKN.

“Jadi silahkan dilanjutkan pembahasannya, jangan sampai berlama-lama karena kita aspek hukum ini tidak perlu diperdakan ya cukup perwali RDTR sehingga bisa lebih simple dalam pembahasannya”, pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah, Staff Ahli Wali Kota Banjarmasin, Muryanta, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika, dan Sejumlah Kepala SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

BACA JUGA:  Banjarmasin Ramah Disablitas, Kota Pertama di Indonesia Punya Rodmap Inklusi

Reporter: Syafi’i
Editor: Nirma Hafizah

Pos terkait