Rumah Zakat Luncurkan “Bismillah Qurban Aman” di Tengah Wabah PMK

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Jakarta-Di tengah meningkatnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak, Rumah Zakat memastikan hewan qurban titipan dari masyarakat tetap sehat. Oleh karena itu menjelang Hari Raya Idul Adha ini Rumah Zakat meluncurkan gerakan Bismillah Qurban Aman di Tengah Wabah PMK.

“InsyaAllah kami memastikan hewan qurban yang disembelih di hari Idul Adha dan hari tasyrik sehat. Alhamdulillah MUI telah mengeluarkan fatwa terkait qurban di masa wabah PMK. Rumah Zakat mengikuti arahan dari MUI, supaya ibadah qurban berjalan sesuai syariah,” ungkap CEO Rumah Zakat Nur Efendi melalui siaran persnya yang diterima media ini, Rabu (15/6).

Menurutnya, ada lima langkah yang dilakukan untuk mencegah penyabaran wabah PMK di peternakan Rumah Zakat.

BACA JUGA:  Cerita Sabun Cair Big Fast yang Mendapat Apresiasi dari Sandiaga Uno

Pertama, petugas kandang wajib melakukan desinfeksi, memakai sepatu boot, dan masker. Kemudian semua barang yang masuk ke kandang harus disanitasi. Selanjutnya petugas melakukan desinfeksi kandang, peralatan, dan lingkungan sekitar secara berkala atau sesuai kebutuhan.

Selain itu setiap hewan qurban yang baru masuk, ditempatkan di kandang karantina selama 14 hari. Dan bila ada gejala klinis, hewan dipisahkan untuk ditangani dokter hewan dan dilaporkan pada dinas setempat.

” Saat ini ada dua program qurban yang diluncurkan Rumah Zakat yakni Superqurban dan Desaku Berqurban. Superqurban adalah optimalisasi daging qurban yang diolah menjadi kornet atau rendang sehingga manfaatnya besar dan pendistribusiannya lebih luas sepanjang tahun,” jelasnya.

BACA JUGA:  APG Tawarkan Investasi Menguntungan di Kiram

Adapun Desaku Berqurban, lanjutnya adalah program qurban yang didistribusikan di desa minim pequrban, sehingga masyarakat desa bisa merasakan kebahagiaan di hari raya.

L

Pos terkait