BPBD Balangan Terus Mantapkan Persiapan Apel Siaga Karhutla 2022

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – BPBD Balangan terus memantapkan persiapan rencana Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2022, pasalnya saat ini berdasarkan hasil perkiraan BMKG wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah memasuki musim kemarau dan puncaknya pada bulan Agustus nanti.

Agar penanganan karhutla berjalan dengan cepat dan tepat, maka diperlukan persiapan sejak dini, untuk itulah dilaksanakan kegiatan rapat persiapan teknis internal untuk giat apel siaga karhutla.

Kepala BPBD Balangan H Rahmi mengatakan, beberapa langkah antisipasi yang akan dilaksanakan adalah menggelar rapat kewilayahan, dalam hal ini rapat nantinya akan dipimpin langsung oleh Bupati bersama forkopimda serta instansi terkait.

“Setelah rapat nantinya, jika ada indikator yang mengarah kepada potensi karhutla, maka pemerintah daerah melalui Bupati akan metetapkan status siaga karhutla,” ujarnya, Selasa (14/6) petang.

BACA JUGA:  Di Hadapan Puluhan Persit Anggota KCK Kodim 1001/HSU-BLG. dr Melyence Sepnurtika : Jangan Takut Bervaksin

Kemudian lanjut H Rahmi, setelah penetapan status, maka langkah antisipasi selanjutnya adalah memetakan kekuatan personel, peralatan/perlengkapan, serta sistem kordinasi melalui kegiatan apel siaga karhutla.

Selain itu, pihaknya juga akan memperkuat sosialisasi dan komunikasi serta edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan rapat dan kegiatan lainnya guna menyampaikan tentang larangan membakar hutan dan lahan sebagai upaya untuk memghindari terjadinya karhutla.

“Khusus kepada masyarakat petani dan peladang kami sangat mengimbau sekali agar selalu menjaga lingkungannya,” katanya.

Sementara itu, untuk kegiatan rakor kewilayahan untuk menetapkan status siaga karhutla akan direncanakan pada hari Kamis (23/6) dan apel siaganya akan dilaksanakan pada tanggal (30/7).

Reporter : Siti Nur Janah
Editor : Hani

Pos terkait