“Vaksinasi Disabilitas ” Jaga Diri dan Keluarga dengan Tetap Menjaga Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com-Keseriusan pemerintah pusat dan daerah untuk semua warga masyarakat Indonesia.Dan pemerintah dari awal tahun 2021 sampai sekarang tahun 2022 sudah memasukan kelompok disabilitas ke dalam prioritas vaksinasi covid-19 dalam kategori masyarakat rentan. Arti masyarakat rentan adalah mereka yang harus pertama-tama dilindungi karena rentan mengalami komplikasi penyakit berat apabila tertular covid-19.

Sudah Ada kebijakan Memprioritaskan para penyandang Disabilitas untuk Divaksinasi.Dan pelaksanaan Vaksinasi disabilitas sangat mengapresiasi pemerintah pusat dan daerah yang pada akhirnya memberikan kebijakan prioritas dan akses kepada penyandang disabilitas untuk mendapatkan Vaksinasi.

Hal ini sangat penting untuk melindungi disabilitas dari keganasan penularan dan dampak covid-19. Tantangan dan peluang pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk penyandang disabilitas. Dari berbagai sharing dan sumber pengalaman dari lapangan sahabat dan teman-teman di seluruh indonesia.

BACA JUGA:  Perpanjangan PPKM Level 4 Banjarmasin, Banjarbaru, Kotabaru Indikasi Dugaan Pemerintah Pusat Inkonsisten
Hervita Lian
Ketua HWDI Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Prov. Kalimatan Selatan.

Ternyata saat ini masih banyak kompleksitas masalah pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi penyandang disabilitas, misalnya ada yang masih ragu dan takut risiko vaksin. ” Misalnya risiko memperparah virus yang tertular seperti kasus takut risiko meninggal dunia dll. Keraguan dan tetakutan tersebut muncul karena banyaknya berita hoax seputar vaksin.

Letak geografis yang luas, lokasi vaksinasi yang terpusat dan rata-rata jauh dari tempat tinggal penyandang disabilitas juga menimbulkan masalah ongkos transportasi dan mobilisasi. Kebanyakan lokasi vaksinasi juga tidak aksesibal untuk ragam disabilitas tertentu, misalnya tidak akses untuk pengguna kursi roda.

L

Pos terkait