BPBD HSU Latih 219 Relawan untun Penanggulangan Bencana

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana kepada 219 relawan perwakilan desa dan kelurahan yang dilaksanakan di Gor Suryanata Karias. Kamis (2/12).

“Hari ini kita mengundang perwakilan desa ataupun kelurahan untuk sama-sama melakukan pelatihan penanggulangan kebencanaan, ,” ucap Sugeng Riyadi selaku Kepala BPBD HSU.

Ia menyampaikan, kedepannya dari sisi kebencanaan semua desa yang ada di HSU mempunyai kemandirian dalam hal penanggulangan bencana baik dari sisi anggaran atau personil yang mempunyai pemahaman yang sama bahwa bencana merupakan persoalan bersama.

“Tanpa kebersamaan, tanpa gotong royong tidak akan mungkin bisa kita tekan dampaknya, jelas seperti yang kita tahu bencana itu tidak mungkin kita hindari, hanya yang kita mampu adalah menekan dampak dari bencana itu sendiri agar tidak terlalu berpengaruh kepada kehidupan warga ditempat kita,” ujar Sugeng.

BACA JUGA:  Hasanudin Murad Harap Masyarakat dan Pemerintah Berkolaborasi Atasi Sampah

Ia juga berharap, dengan dilaksanakan kegiatan hari ini kedepannya secara bertahap bisa menciptakan sebuah kemandirian desa-desa dalam hal penanggulangan bencana.

“Jadi kalau desa sudah punya anggaran atau sumber daya manusia yang tanggap maka akan lebih cepat dan membantu dalam menanggulangi bencana, semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar, pelatihan dapat dimaksimalkan, yang pada pelatihannya dilatih langsung oleh tim InDRA, harapannya nanti HSU semakin kuat dan warganya akan semakin mampu dalam menyikapi bencana,” harapnya.

Adapun setelah penyampaian materi tentang penanggulangan bencana, perwakilan desa-desa melakukan praktek untuk penggunaan APAR, selanjutnya pendirian tenda keluarga serta water rescue yang didampingi langsung oleh tim InDRA BPBD HSU.

BACA JUGA:  Pemkab Balangan Lepas Liarkan 22.000 Benih Ikan Gabus

Reporter: Darma Setiawan
Editor : Ahmad Yani

Pos terkait