969 Warga Danau Panggang Terima Sertifikat PTSL

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai- Sebanyak 969 warga di tiga desa di kecamatan Danau Panggang kabupaten Hulu Sungai Utara ( HSU) menerima Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2021 dari Badan Pertanahan Nasional (BPN ) setempat.

Penyeraha secara simbolis dilakukan Plt. Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), H. Husairi Abdi, Lc, di kantor Camat Danau Panggang, Selasa (28/12).

“Alhamdulillah hari ini sesuai dengan jadwal bahwa setelah kita menerima informasi bahwasanya amuntai akan mendapatkan atau diberikan sertifikat PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) kepada masyarakat HSU,”ujarnya didampingi Kepala BPN HSU serta disaksikan Plt. Kepala Dinas PUPR HSU, Disperkim LH Dan Camat Danau Panggang.

Dirinya menambahkan, dengan adanya sertifikat ini agar dapat menjamin kepastian hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.
“Sebab dengan adanya sertifikat ini agar meyakinkan kita bahwa tanah itu milik kita,”ucapnya.

BACA JUGA:  Sejumlah Desa di Balangan Kembali Direndam Banjir

Husairi mengharapkan, program seperti ini dapat berlanjut dikemudian hari Sehingga memudahkan masyarakat dalam Kepemilikan Hak Tanah.
Sementara itu Kepala Kantor BPN HSU Sofia Rachman menyampaikan penyerahan sertifikat ini merupakan hasil kegiatan Sertifikasi PTSL Tahun 2021.

” Ada tiga desa yaitu, desa Sungai Namang, desa Pararain dan desa Sarang Burung. Selain di Kecamatan Danau Panggang, kita juga melaksanakan di kecamatan Babirik,”katanya.

Dirinya meminta kepada masyarakat agar kegiatan sertifikasi pada tahun 2022 nanti masyarakat dapat membantu dalam menyiapkan surat bukti penguasaan Hak.

“Kami meminta bantuan kepada masyarakat agar menyiapkan surat – surat Bukti penguasaan Hak kemudian memasang Patok dan pada saat pengukuran dapat membantu petugas pengukuran dari kami untuk menunjukan batas – batasnya,”hara Sofia.

BACA JUGA:  Gelar Soswasbang, Yani Helmi Berbicara Soal Kemajuan Teknologi

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait