Festival Kuntau : Berharap Mampu Merambah Dunia Internasional

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Martapura – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Silat Budaya Kalimantan Selatan (SBKS) menyelenggarakan Festival Kuntau Antar Perguruan se-Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (12/11).

Berpusat di Kiram Park, Kabupaten Banjar, kegiatan silat budaya ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diprogramkan oleh Pemprov Kalsel melalui Dinas Pemuda Olahraga provinsi Kalsel ini diikuti oleh 200 peserta dari 20 perguruan se-Kalsel.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang dibacakan Kepala Dispora prov Kalsel Hermansyah disampaikan, berbagai macam seni bela diri di Indonesia termasuk Kuntau sangat baik untuk dikembangkan. Karena di setiap ilmu bela diri juga diajarkan membentuk karakter diri.

BACA JUGA:  Dinkes HSU Gelar Khitanan Massal di Alabio

“Olahraga bela diri membentuk kita menjadi pribadi yang disiplin, pribadi yang tangguh, kuat dan memiliki daya saing,” katanya.

Olahraga Kuntau, lanjutnya, bukan sekedar seni bela diri tetapi juga merupakan bagian dari seni budaya Indonesia. Oleh karena itu pemuda di jaman sekarang harus terus melestarikan bela diri Kuntau ini, yang juga menjadi olahraga tradisional Kalimantan Selatan

“Mari kita lestarikan seni bela diri Kuntau dengan cara pembinaan atau event seperti festival yang kita laksanakan saat ini,” ajaknya.

Dalam sambutan tersebut pula, Gubernur Kalsel berharap pembinaan dan kejuaraan Kuntau di berbagai daerah di Kalsel dapat terus dilaksanakan. Sehingga dapat melahirkan bibit pesilat yang berprestasi dan nantinya dapat mengharumkan banua.

Pos terkait