Aditya Secara Resmi Buka Borneo UMKM Expo 2021

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru –Pelepasan Balon ke udara menjadi pertanda dibukanya Borneo UMKM Expo 2021 secara resmi. Pembukaan kegiatan ini langsung dilepaskan oleh walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin di dampingi Adi Santoso Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini berlangsung selama 11 hari dari tanggal 25 Nopember sampai 5 Desember 2021 diikuti sebanyak 154 UMKM yang ada di kabupaten kota se Kalimantan Selatan.(25/11)

Selain pemerintah provinsi Kalimantan Selatan khususnya Dinas Koperasi UMKM, pemerintah kota Banjarbaru fokus untuk membina para UMKM agar memiliki standarisasi sebuah produk.

“Ada sekitar 15 UMKM binaan kita sudah standarisasi BPOM sehingga produk-produk mereka sudah bisa masuk retail atau pasar-pasar modern dengan persyaratan tersebut,”ujar Ovie panggilan akrab walikota Banjarbaru ini.

BACA JUGA:  Viral Baju Motif Papan Catur, Pengamat Sebut Itu Hedonisme

Dia menambahkan pemerintah kota Banjarbaru membantu baik dari kualitas maupun penjualan agar lebih meningkat.

“Tahun depan kita mengucurkan program RT Mandiri yang mana satu RT mendapat 75 juta rupiah untuk meningkatkan sarana dan prasarana termasuk membangun UMKM dilingkungannya,”beber Ovie.
Berkat dukungan berbagai elemen dan kawan-kawan DPR kota Banjarbaru, pemerintah kota Banjarbaru sudah menganggarkan seluruh UMKM yang lulus Kurasi akan diberangkatkan keluar negeri.

“Tujuannya adalah membuka pasar Internasional, mudah-mudahan dengan adanya itu pasar Internatioanl melirik produk yang ada dikota Banjarbaru,”pungkasnya.

Sementara itu, Fatwa Aji Lanang Nugroho Direktur Utama Amanah Borneo Park mengatakan bahwa Borneo Expo UMKM 2021 bukan hanya sekedar pameran tetapi juga merupakan peningkatan kualitas produksi para UMKM dan ajang kolaborasi/ kerjasama.

BACA JUGA:  DPRD Banjarmasin Harapkan Pemetaan Sungai, dan Saluran Segera Dilakukan Kembali

“Kami merangkul berbagai pihak yang berkepentingan, mungkin dari teman-teman UMKM dari sektor produsennya. Sementara kami yang lebih dekat dengan costumer membantu mengenalkan produk-produk mereka agar lebih dikenal lagi,”terangnya.

Dia berharap dengan kegiatan ini, para UMKM mendapat nilai tambah baik pengalaman berinteraksi langsung maupun tambahan jaringan sesuai dengan segmen mereka masing-masing.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini teman-teman UMKM akan lebih eksis serta penjualannya meningkat sehingga perekonomian banua berjalan lebih baik,”tutupnya.

 

Editor : Eddy Dharmawan

Pos terkait