25 Tempat Usaha di HSU akan Dipasang Tapping Box

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Sebanyak 25 tempat usaha di kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) akan dipasang penggunaan alat rekam data transaksi atau Tapping Box oleh Dinas Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (DPPRD) setempat.

Kepastian pemasangan ini setelah DPPRD HSU melakukan launching Tapping Box yang merupakan kerjasama dengan Bak Kalsel.

“ Tahap pertama pemasangan sebanyak 25 tempat usaha.Namun sekarang baru 16 Tapping Box yang dipasang, yakni 14 untuk rumah makan dan restauran dan dua untuk hotel, sisanya dipasang bertahap,” jelas Kabid Pajak dan Retribusi DPPRD HSU, Etna Prilina Diaty, Selasa (9/11).

Etna juga mengungkapkan implementasi pemasangan Tapping Box hasil kerja sama dengan Bank Kalsel atas rekomendasi hasil Supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah.

BACA JUGA:  Korban Kebakaran Desa Bamban Utara Terima Bantuan Rehap Rumah dari Pemkab HSS

Kepala Bank Kalsel cabang Amuntai Khairun Nisa mengatakan, seiring tuntutan zaman di era digitalisasi, maka pemerintah diharapkan memiliki sistem digital yang terintegrasi antara pemerintah dengan para wajib pajak.

Menurutnya, transparansi dan kemudahan dalam transaksi memang harus dilakukan pemerintah daerah dalam upaya untuk meningkatkan sektor pendapatan dari pajak dan retribusi daerah.

Salah satu upayanya yakni dengan penerapan pajak secara online dengan menggunakan Tapping Box bekerja sama dengan Bank Kalsel.

Pos terkait