Tim Pengabdian Masyarakat Ulm Latih Anggota PKK Desa Abumbun Jaya Kabupaten Banjar Membuat Teh KelakaI

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Tim Pengabdian Masyarakat ULM memberikan pelatihan pembuatan teh kelakai kepada Ibu PKK Desa Abumbun Jaya Kabupaten Banjar.

Kelakai (Stenochlaena palustris) adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di wilayah Desa Abumbun Jaya Kabupaten Banjar. Oleh masyarakat, tumbuhan ini masih dibiarkan tumbuh liar dan belum dimanfaatkan.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat ULM, Dr. Eko Suhartono, M.Si menjelaskan masyarakat Dayak telah lama memanfaatkan kelakai untuk obat dengan cara direbus dengan air, kemudian disaring dan diminum.

“Beberapa tahun terakhir, kelakai dibuat minuman kesehatan dalam bentuk teh kelakai,” ujarnya.

Ia menjelaskan teh kalakai merupakan salah satu jenis minuman herbal yang berbahan kelakai dan berbagai campurannya.

BACA JUGA:  Nilai SAKIP Tergolong Baik, Herman Sebut Jangan Cepat Puas

Kegiatan pelatihan berlangsung sangat hidup karena antusiasme peserta saat sesi cara pembuatan teh kelakai yang disampaikan oleh dr. Dona Marisa, M.Biomed.

Pada sesi tesebut telah disampaikan bahwa membuat teh kelakai cukup mudah. Dimulai dari pengeringan, penghalusan, dan pengayaan.

Sesi terakhir diisi dengan teknik membuat label kemasan teh kelakai. Sesi tersebut disampaikan oleh Melati Noormaulidya Putri anggota Forum Studi Ilmiah Mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM.

Di akhir acara diserahkan bantuan alat berupa oven dan blender dari Tim Pengabdian Masyarakat ULM kepada PKK Desa Abumbun Jaya Kecamatan Sungai Tabuk.

Acara acara tersebut dihadiri oleh Pembakal dan 25 anggota PKK Desa Abumbun Kaya. Selain itu, juga dihadir oleh ibu ketua PKK Kecamatan Sungai Tabuk Hj. Emi Erliyanti, S.Si., MS.

BACA JUGA:  DLH Batalkan Bangun TPS di Teluk Kelayan

Editor: Aditya

L

Pos terkait