Menparekraf Apresiasi Program Sungai Martapura BUNGAS

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Melalui program Bersih, Unggul, dan Asri (BUNGAS) akan menjadikan Sungai Martapura Bak Sungai Citarum yang bisa kembali diasrikan.

Menparekraf, Sandiaga Uno yang sempat naik perahu cepat di Sungai Martapura Banjarmasin hingga ke aliran Sungai Barito di Barito Kuala, Kamis (2/9) mengaku mendukung program Sungai Martapura BUNGAS.

“Program Martapura BUNGAS akan kita dukung, karena tidak terlalu banyak kota di Indonesia yang mempromosikan sungai sebagai daya tarik utamanya,” ujar Sandiaga.

Ia mengatakan upaya pengendalian pengendalian pencemaran yang diinisiasi oleh Kadis LH Provinsi Kalimantan Selatan yang akan menjadikan Sungai Martapura menjadi seperti Sungai Citarum.

Lanjut, dirinya berjanji akan mengedepankan wisata sungai di Kota Banjarmasin. Sungai menurutnya harus jadi salah satu pengembangan potensi wisata di Banjarmasin.

BACA JUGA:  KPPN Pelaihari Dampingi Satker Sukseskan Program SAKTI

Peluncuran program Sungai Martapura BUNGAS sendiri dilakukan Pemprov Kalsel sebelumnya di Desa Sungai Rangas Tengah, Kabupaten Banjar, Sabtu (5/6/2021) bersamaan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dihadiri Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan program Sungai Martapura Bungas juga menggunakan konsep rediscovery dengan tujuan mengembalikan sungai Martapura sebagai urat nadi ekonomi di tengah kompleksitas persoalan dari hulu ke hilir.

Lanjut Hanifah, sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan dalam waktu dekat akan disosialisasikan ke masyarakat, khususnya mereka yang bermukim di pesisir sungai Martapura.

Adapun pekerjaan rumah yang berat terkait sungai Martapura ada di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin. Sehingga perlu kehadiran Pempov yang menginisasi kerjasama, sehingga bisa terkelola dengan terintegras dengan Pemkab dan Pemko yang sebelumnya sudah memilikii program masing-masing.

BACA JUGA:  Paripurna DPRD Kalsel Bakal Terapkan Rapid Test Antigen

Editor: Aditya

Pos terkait