DPPPA HSU Sosialisasikan PUG ke Semua Kepala SKPD

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Memberikan pemahaman terkait gender, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA)Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Sosialisasi dan pelatihan Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi kepala SKPD Se Kabupaten HSU, Rabu (4/8)

Kegiatan yang dilaksanakan di Mess Negara Dipa ini dihadiri oleh para camat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) HSU dan diikuti oleh para Admistrator kecamatan dan Desa se Kabupaten HSU secara secara virtual.

Kepala DPPPA HSU, Hj Gusti Iskandariah mengatakan kegiatan ini terkait dengan upaya DPPPA meningkatkan pengarusutamaan gender (PUG)di Kabupaten HSU yang sesuai dengan kegiatan dilapangan.

“Pada hari ini kita sosialisasikan dulu tentang Apa itu gender dan nantinya tentang Apa itu pengarustamaan gender?tentang bagaimana kesetaraan gender? Dan tentang perencanaan penganggaran yang responsif gender yang akan difasilitasi oleh narasumber” ujar Gusti Iskandariah.

BACA JUGA:  ANIS Programkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Berobat Gratis

Menurutnya, disamping undang-undang Nomor 7 Tahun 1984, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2011, sampai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah salah satunya adalah meningkatkan upaya pengaruh gender di kabupaten/kota.

“DPPPA terus mencoba, supaya memudahkan kawan-kawan(SKPD-SKPD) bisa membuat perencanaan penganggaran yang responsif gender sesuai dengan pedoman dengan mengacu kepada pedoman yang dibuat oleh Kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam bentuk gender analysis pathway perencanaan berdasarkan analisa,” imbuhnya.

Selain itu, malalui strategi implementasi Pengarusutamaan Gender dalam kegiatan ini DPPPA juga melaunching sistem perencanaan penganggaran yang responsif gender ” Si Prima Berseri” yang terhubung dengan website Pemerintah Kabupaten HSU.

BACA JUGA:  Bupati HSU Salurkan Bantuan Banjir dari Presiden Jokowi

“Harapan Kita ini untuk memudahkan pembinaan jadi evaluasi kegiatan SKPD di website itu sebagai bahan monitoring nanti mudah-mudahan kegiatan kita pada tahun depan, salah satunya dokumen perencanaan penganggaran yang sudah ada di dalam laporan akuntabilitas kita” pungkasnya.

Disamping sosialisasi, dalam kegiatan ini DPPPA HSU juga melakukan penandatanganan Perjanjian kerjasama (MoU) dengan Seluruh Camat Se Kabupaten HSU.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

L

Pos terkait