Dinsos Tala Gelar Pelatihan untuk Petugas Puskesos

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Agar para petugas yang terjun langsung kemasyarakat memiliki bekal serta pemahaman terkait dengan tugas pokok dan fungsinya, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut berikan pelatihan kepada 27 orang petugas Penyelenggaraan Pusat Kesejahteraan Sosial ( Puskesos ) di Kabupaten Tanah Laut.

Puskesos merupakan program layanan rujukan satu pintu ( terintegrasi ) yang merupakan miniatur Sistem Layanan Rujukan Terpadu ( SLRT ) yang berada di tingkat Kabupaten/Kota.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut Noor Hidayat menuturkan Puskesos dapat memberikan kemudaham pelayanan bagi masyarakat miskin dan rentan miskin, khususnya dalam mendapatkan pelayanan perlindungan atau bantuan sosial dan permasalahan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ( PMKS ) seperti anak terlantar, Orang Dalam Gangguan Jiwa ( OGDJ ) dan lanjut usia ( Lansia ).
Bekerjasama dengan pilar-pilar sosial, aparat desa setempat dan pemerintah daerah, Puskesos mampu menyentuh dan menjawab keluhan masyarakat di level paling bawah, yaitu di tingkat Desa/Kelurahan.

BACA JUGA:  Wabup Syamsuri : Orari Berperan dalam Penyampaian Informasi Secara Cepat

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa peserta pelatihan Puskesos ditetapkan dalam SK Kepala Dinas Sosial Nomor 38 Tahun 2021 tentang Penetapan Puskesos Kabupaten Tanah Laut Tahun 2021.
Ada pun jumlah peserta tersebut sebanyak 9 Desa yang merupakan perwakilan dari 9 Kecamatan, sedangkan untuk 2 Kecamatan lainnya sudah dibentuk secara langsung oleh Pemerintah Pusat pada tahun 2019 sebanyak 2 Kecamatan, yakni Kecamatan Pelaihari dan Kecamatan Batu Ampar.

” Pelatihan dihadiri oleh seluruh petugas Puskesos yang terdiri dari koordinator ( Kasi Kemas di Desa ), Front Office dan Back Office, sehingga total keseluruhannya adalah 27 peserta ” jelasnya.

Kegiatan Pelatihan Puskesos 2021 dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Tanah Laut, hadir sebagai narasumber dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, serta Manajer SLRT Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA JUGA:  LP Amuntai Gelar Isra Mi'raj Nabi Muhammad

 

Penulis : Tony Widodo

L

Pos terkait