Sekarang Bisa Tukar Uang Edisi Kemerdekaan Rp 75.000,- Sebanyak 100 Lembar

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin-Selain mengadakan Sosialisasi dan Edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah, UPK 75 Tahun RI dan QRIS, Bank Indonesia KPw Kalimantan Selatan juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menukarkan uang UPK Rp 75.000,- sebanyak 100 lembar sehari per orang atau 1 KTP.

“Bagaimana merawat supaya uang rupiah itu tidak cepat rusak, bangga kita gunakan sebagai lambang kedaulatan NKRI. Jangan sampai ada di masyarakat satu pelayanan jasa yang memberikan nilai tukar selain rupiah,”jelas Rahmat Dwisaputra Deputi KPw Bank Indonesia Kalimantan Selatan kepada sejumlah wartawan di Banjarmasin,Rabu (5/5).

Rahmat juga menambahkan untuk menyambut Idul Fitri 1442 H ini, BI telah menyiapkan uang sekitar 2.1 Triliun Rupiah dan tidak ada lagi melayani kas keliling seperti tahun lalu. Karena pandemi masih belum berakhir dan untuk menghindari terjadinya kerumunan masal sesuai dengan anjuran pemerintah.

BACA JUGA:  Harga Gas 'Melon' Tak Hentinya Cekik Warga Miskin

Jadi untuk penukaran uang melalui perbankan yang ada di wilayah BI Kalimantan Selatan. Dia juga menghimbau agar masyarakat jangan menukar uang dipinggir jalan yang kian marak akhir-akhir ini. Untuk penukaran uang bisa melalui bank-bank atau perbankan yang ada diwilayah ini. Selain aman tidak kena biaya juga dijamin keasliannya.

“Sejak 22 Maret 2021 telah mengambil kebijakan penukaran uang UPK 75 Tahun bisa sampai 100 lembar perhari untuk 1 KTP, untuk itu dipersilakan masyarakat untuk mendatangi Bank-bank terdekat,” tambahnya.

Penyampaian dan dialog mengenai cinta, bangga dan paham rupiah disampaikan oleh Nampati Y Ginting dalam Pengelolaan Uang Rupiah. “Selain cinta dan Bangga dengan Rupiah kita juga harus memahami bagaimana mengelola Rupiah jangan sampai rusak sehingga tidak layak untuk dipergunakan,”ujarnya.

BACA JUGA:  Dewan Temukan Banyak Bibit Sawit Aspal Beredar di Kalsel

Narasumber lainnya,Ribka Hanum H, Analis Fungsi Kebijakan Implementasi Sistem Pembayaran. Dia memaparkan penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).
Menurutnya, di era digital ini apalagi disaat pandemi penggunaan uang virtual dikuatirkan bisa menyebarkan virus covid-19. Untuk itu dengan menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran bisa menghindari kontak langsung transaksi jual beli atau pembayaran tunai melalui sistem digital.
Hampir rata-rata masyarakat sudah menggunakan android sebagai alat komunikasi yang canggih dan juga bisa dipergunakan untuk pembayaran melalui aplikasi QRIS ini.

Keuntungan bagi pengguna QRIS adalah :

L

Pos terkait