Hanya 5 Perusahaan Tambang Kalsel Bayar Pajak Air Permukaan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Terdapat hanya 5 perusahaan dari total 150 perusahaan tambang di Provinsi Kalimantan Selatan yang membayar Pajar Air Permukaan.

Menurut Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo, hal tersebut dikarenakan masih banyaknya perusahaan tambang yang belum mengetahui tentang Pajak Air Permukaan.

Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Supaatowo

“Pajak Air Permukaan ini kan barang baru, dan banyak yang belum tahu, dari 150 perusahaan tambang hanya 5 saja,” ucapnya, Rabu (14/4).

Oleh karena itu, pihaknya bersama instansi terkait akan lebih berusaha untuk mensosialisasikan kepada perusahaan tambang, berkaitan Pajak Air Permukaan.

“Kalau musim kemarau perusahaan tambang pasti nyiram jalan pakai air,” bebernya.

Ia mengatakan, sebelumnya Pajak Air Tanah dan Permukaan, khusus untuk Pajak Air Tanah menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten.

BACA JUGA:  Soal Travel Umroh Nakal. YLK Kalsel datangi Kantor Kemenag

Kendati hanya sekitar 5 perusahaan tambang yang rutin membayar Pajak Air Permukaan, pihaknya optimis mengalami peningkatan.

“Kita akan singkronisasi perusahaan tambang mana saja yang belum memiliki Surat Izin Penggunaan Air (SIPA),” katanya.

Lanjutnya, apabila perusahaan tambang memiliki SIPA, nantinya akan ada pemasangan Water meter, sehingga dapat melakukan pengontrolan.

“Nanti akan ada mobil yang bisa masuk tambang, untuk melakukan pengecekan,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya otomatis Pajak Air Permukaan akan mengalami kenaikan, sehingga sumber pendapatan lainnya meningkatkan, dan tidak bergantung pada sumber pendapatan unggulan.

 

Editor: Aditya

Pos terkait