Dewan Kalsel Desak Pemerintah Pusat Kucurkan Dana PEN ke Bank Kalsel

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berharap pemerintah pusat agar serius bisa memberikan kucuran stimulus dana Pemulihan Ekonomi Nasiaonal (PEN) Rp 500 miliar yang sudah diajukan ke Bank Kalsel

Hal tersebut dalam upaya pemulihan prekonomian didaerah yang kini mengalami kerontokan akibat dampak pandemi Covid-19.

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, H Haryanto mengatakan pemerintah pusat melalui program Kemenko Prekonomian bisa mengucurkan dana PEN ke Bank Kalsel.

“Pemerintah pusat tidak memberlakukan ketentuan atau memilah-milah bank daerah yang harus dikucuri penempatan dana stimulus tersebut,” bebernya.

Semisal, hanya untuk daerah yang memiliki potensi pariwisata besar seperti Bali, NTB, Bandung, Djokja, Jatim atau lainnya. Tapi daerah seperti Kalsel yang hanya memiliki pasar wisata kecil juga harus mendapat kucuran penempatan dana PEN di bank daerahnya, sehingga prekonomian masyarakat kembali pulih.

BACA JUGA:  Tingkatkan Kemitraan Dengan Petani, Bank Kalsel Berkomitmen Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

“Dampak negatif pandemi Covid-19 terhadap perekonomian tidak mengenal daerah tertentu, tetapi semua daerah terdampak hebat,” jelasnya.

Anggota komisi II membidangi ekonomi dan keuangan ini juga berharap, agar Bank Kalsel terus berupaya untuk memperolehnya, meskipun ada informasi untuk Kalsel belum memperoleh kriteria yang ditentukan Kemenko Prekonomian.

“Kita berharap pemerintah bisa serius untuk membantu daerah melalui PEN ini sehingga bank Kalsel dapat mengucurkan kredit kepada masyarakat lebih banyak lagi,” tegas Haryanto.

Sebelumnya kemarin, Dirut Bank Kalsel, Agus Syabarrudin, menyatakan, Bank Kalsel didukung Pemprov Kalsel untuk menjadi bank mitra penyalur dana PEN dengan nominal yang diajukan sebesar Rp 500 miliar.

Pos terkait