Disbudpar Banjarmasin Gelar Pelatihan Pariwisata pada Masyarakat dan Pokdarwis

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin menggelar pelatihan pariwisata kepada masyarakat dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) guna menyokong objek wisata di Kota Seribu Sungai pada Rabu 7/10/2020.

Pelatihan tersebut dipusatkan di kawasan wisata Salanjung Kampung Biuku, sedikitnya terdapat 30 orang yang mengikuti kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, Ihsan Al Haq itu.

Ihsan begitu sapaan akrabnya mengatakan Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Disbudpar melakukan pembekalan pariwisata kepada masyarakat dan Pokdarwis guna mengembangkan dunia pariwisata di Kota Banjarmasin.

“Selama 1 minggu kedepan peserta akan diberikan bekal pariwisata, ada 30 peserta yang mengikuti pelatihan ini,”ucapnya disela pembukaan pelatihan di objek wisata Sungai Biuku itu.

BACA JUGA:  Pemprov Kalsel Manfaatkan Embung Sebagai Wahana Wisata Baru

Ia menjelaskan pelatihan tersebut dalam rangka menyiapkan sumber daya pariwisata dikarenakan menurutnya sektor pariwisata tidak hanya ditunjang dari infrastruktur saja, akan tetapi sangat berperan penting tentang keberadaan tenaga pengelola.

“Tidak hanya infrastruktur, akan tetapi sumber daya manusia maupun kelompok yang peduli pariwisata juga perlu disiapkan,” ujarnya.

Ihsan membeberkan, peserta juga diberikan kemampuan untuk pertolongan pertama tindakan keselamatan kepada pengunjung objek wisata serta hal lainnya yang masih berkaitan erat dengan pengembangan pariwisata itu sendiri.

Selain itu, peserta pelatihan juga diberikan bekal kemampuan simpul tali temali, dengan tujuan melengkapi unsur fasilitas yang sudah ada.”Diharapkan mereka bisa membuat fasilitas, sehingga menambah kelengkapan objek wisata,” harapnya.

BACA JUGA:  Cegah Covid-19, Dinas Pariwisata Tala Lakukan Penyemprotan Disinfektan Pada Destinasi Wisata

Ia menegaskan peserta yang mengikuti pelatihan murni dari masyarakat yang peduli dan ingin menggerakkan objek wisata,”Kita optimalkan pemberdayaan masyarakat,” tambahnya.

Penulis : Ahmad Yani

Pos terkait