Harus Tahu, SIM C Kini Dibagi 3 Jenis

  • Whatsapp
Ilustrasi

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Kepolisian Republik Indonesia telah mengeluarkan Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM.

Perpol tersebut ditetapkan pada tanggal 19 Februari 2021 yang lalu  dan ditandatangani oleh Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo.

Sebelum diberlakukan Perpol ini  akan disosialisasikan terlebih dahulu selama 6 bulan semenjak aturan terbit. Sosialisasi dilakukan sembari menunggu jukrah penerapan.

Mengutip dari aturan ini, Kepolisian Republik Indonesia kini telah membagi SIM C menjadi 3 jenis yakni C, CI dan CII. Lalu, apa dan bagaimana aplikasinya terhaadap perubahan SIM tersebut, berikut Wartaniaga merangkumnya untuk anda.

Berdasarkan Perpol Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM pasal 3 ayat 2 pembagian SIM C sebagai berikut :

BACA JUGA:  Unik, Bayi ini Diberi Nama Dinas Komunikasi Informatika Statistik

SIM C, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic).

SIM CI, berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic) sampai dengan 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik

 

L

Pos terkait