Ditangan Siswa SMP AMJ, Limbah Sawit Disulap Jadi Kapal Pinisi Unik

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pasangkayu – Berada di pelosok perkebunan sawit, ternyata tidak membuat siswa SMP Astra Makmur Jaya patah semangat. Justru hal itu melecut semangat puluhan siswa SMP binaan PT Letawa ini untuk lebih kreatif. Tak ada rotan akar pun jadi, begitulah yang dilakukan mereka. Salah satunya mengolah limbah sawit menjadi barang berharga.

Setidaknya inilah yang terlihat saat sekolah yang dipimpin Adi Dasuki, S.Pd menggelar Lomba kerajinan tangan berbahan dasar lidi sawit.Hasilnya puluhan kreasi lidi ini pun mampu menarik perhatian siapa pun. Karena tak disangka karya tangan dingin siswa SMP Astra Makmur Jaya (AMJ) membuat decak kagum.Seperti tiga karya terbaik siswa mulai dari Dial Fakih Fauzi, Ibram Rahalang, hingga Agung Kaia. Bahkan karya Dial Fakih Fauzi “Kapal Pinisi Sawit “ menjadi yang terbaik diantara puluhan karya terbaik siswa binaan perusahaan perkebunan sawit grup Astra Agro Lestari Tbk ini.

BACA JUGA:  Latih Kemandirian SDIT Anak Sholeh Mandiri Outbond di Biuti Park

Kepala Sekolah SMP AMJ Adi Dasuki, S.Pd kepada wartawan mengatakan lomba yang digelar tersebut ,semata-mata untuk menggugah para siswa untuk bisa kreatif memanfaatkan limbah-limbah yang di sekitar lingkungan sekolah dan tempat tinggal.Kebetulan karena banyak berada di areal perkebunan sawit, maka yang dieksplorasi adalah mengeksplorasi limbah dari perkebunan kelapa sawit.

Fokusnya adalah peningkatan nilai ekonomis lidi kelapa sawit. Selama ini lidi kelapa sawit hanya tergeletak begitu saja di dalam blok sawit. Meskipun ada yang memanfaatkan, namun hanya sebatas membuat sapu lidi saja. sejatinya lidi kelapa sawit dapat diproses lebih lanjut menjadi beragam jenis kerajinan tangan yang bernilai ekonomis tinggi.

“ Lomba sendiri diharapkan kedepannya mampu melatih daya kreativitas siswa, kepekaan siswa terhadap potensi lingkungan sekitar, dan menjadi pelopor bagi masyarakat luas agar turut serta meningkatkan nilai ekonomis lidi sawit . Karena besar kemungkian menjadi nilai tambah dan menambah penghasilan dari Rupiah bahkan bisa dollar,”ujar Adi Dasuki usai penyerahan hadiah lomba di lobi SMP Astra Makmur Jaya, Jumat (25/09).

Pos terkait