Tanah Laut Menuju Kabupaten Tertib Ukur UTTP

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari- Masifnya pelaksanaan tera atau tera ulang yang menyasar alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapan lainnya (UTTP) milik para pedagang di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Tanah Laut (Tala) bukan tanpa tujuan, kegiatan tersebut sengaja digelar oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag) Tala dalam rangka mewujudkan Kabupaten Tala sebagai kabupaten tertib ukur UTTP. ( 23/8 )

Kegiatan tera atau tera ulang sendiri kembali digelar di Pasar Tanjung Kecamatan Bajuin pada Sabtu (22/08). Terlihat para pedagang pun dengan antusias mengikuti kegiatan tersebut, mereka pun berbondong-bondong membawa UTTP milik mereka untuk dilakukan tera atau tera ulang oleh petugas Diskopdag Tala.

Bupati Tala H. M Sukamta pun mengatakan bahwa pihaknya ingin segala transaksi yang ada di pasar-pasar di Kabupaten Tala memenuhi ketentuan perundang-undangan dan syariat agama, sehingga pihaknya gencar melakukan tera atau tera ulang agar konsumen terlindungi. “Jadi pemda memiliki kewajiban melindungi konsumen sehingga betul-betul tepat ukuran, takaran dan timbangan. Hari ini adalah yang ke sebelas dan akan dilakukan lagi sehingga mencapai 22 kali ” ujarnya.

BACA JUGA:  PDAM Potong 50% Tagihan Leding Warga Kategori MBR

Lebih lanjut Sukamta mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja dilaksanakan agar Kabupaten Tala menjadi kabupaten yang tertib ukuran.
” Semua sudah kita standarisasi, mulai tahun ini saya harap kabupaten Tala menjadi kabupaten tertib ukuran UTTP, alhamdulillah para pedagang dan masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Semoga dengan kegiatan ini dapat membawa keberkahan untuk kabupaten tercinta kita ini ” tutupnya.

Sementara itu Ketua DPRD Tanah Laut Muslimin mengatakan pihaknya mendukung penuhpelaksanaan kegiatan yang dilakukan pemda melalui Diskopdag ini, bahkan Muslimin mengatakan bahwa pihak legislatif siap membantu untuk penganggaran kegiatan tera atau tera ulang tersebut.
“ Kita dukung terkait dengan anggaran, namun fasilitas penunjang pasar juga harus dilengkapi baik itu tempat parkir, toilet, bak sampah dan perlengkapan lainnya untuk memudahkan pedagang dan pembeli, dari segi anggaran sempenuhnya kita dukung ” tegasnya.

BACA JUGA:  Jaga Kestabilan Harga, Danrem Antasari Beli Gabah Petani

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Diskopdag Syahrian Nurdin,Camat Bajuin Nahrin Fauzi, Kabag Ekonomi Ina Gantiani dan Kepala Desa Tanjung.

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait