Pemprov Kalsel Siap Tambah Anggaran Covid 19

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarbaru- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan mengalokasikan dana tambahan untuk penanganan Covid-19, apabila hal tersebut diperlukan.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengatakan berdasarkan perhitungan ada defisit anggaran, apabila temuan kasus virus corona belum juga melandai hingga Desember 2020.

“Alokasi awal anggaran Covid-19 di APBD Kalsel sendiri senilai Rp 200 miliar, ditambah dengan dana cadangan disiapkan Rp180 miliar sehingga total Rp380 miliar,” ujar Paman Birin sapaan akrabnya, Jumat (14/8).

Adapun perkiraan anggaran penanganan Covid-19 di Kalsel hingga Desember 2020 diperkirakan mencapai Rp464,6 miliar. Selisih antara alokasi awal dan perkiraan dana penanganan hingga Desember 2020 senilai Rp84,6 miliar atau terjadi defisit anggaran.

BACA JUGA:  Belitung Utara, Dana Kelurahannya Terserap 100%

Sesuai hasil laporan Plt Kepala BPBD Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, untuk menutup defisit anggaran tersebut akan melakukan efisiensi anggaran penanganan Covid-19. Selain itu juga bakal mengambil sumber pendanaan dari realokasi kegiatan yang bisa ditunda pada tahun anggaran 2020.

Sedangkan untuk defisit anggaran juga akan ditambal dengan sumber pendanaan di luar APBD. Yaitu APBN dan pihak ketiga atau swasta.

“Pada prinsipnya Pemprov Kalsel berkomitmen penuh menuntaskan penanganan Covid-19 dengan dukungan dana APBD provinsi,” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga berkomitmen untuk mengerahkan seluruh sumber daya yang ada dalam penanganan Covid, termasuk komitmen dukungan anggaran.

“Mohon doa seluruh masyarakat banua, proses ini berjalan lancar dan program-program untuk kemaslahan masyarakat banua kita juga berjalan sukses,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Dekranasda Pusat Bantu Pengrajin Masker di HSU

Penulis : Aditya
Sumber : Biro Adpim Setdaprov Kalsel

Pos terkait