Panen ke-3 Kelompok Tani Sari Mulia Sukses. Bupati Wahid Dorong Pemuda Ikut Majukan Pertanian

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Meski 89 persen dari wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terdiri atas lahan rawa, namun tidak menghalangi semangat petani yang tergabung dalam kelompok tani Sari Mulia, Desa Tayur, Kecamatan Amuntai Utara dalam memanfaatkan lahan yang ada untuk mengembangkan produk hortikultura yang berdaya saing.

Ada banyak tanaman yang dibudidayakan oleh petani di antaranya durian, pampakin, kurma , kelingking, melon, labu, semangka, bawang, cabai, petai, kurma, anggur, pisang dan nangka.

Salah seorang petani hortikultura, Fahrul mangatakan keberanian untuk bertani hortikultura karena potensi tanah sangat mendukung sekali untuk bercocok tanam.

“Ada beberapa varietas di aini, seperti semangka contohnya mulai dari semangka merah seperti biasa dijual dipasar, semangka madu, semangka kuning dan semangka lundu,” bebernya.

BACA JUGA:  Harga Ayam Meroket

Lanjutnya, terdapat melon biasa dan ada pula melon kuning. Beberapa tanaman sudah bisa dipanen diantaranya pada panen kali ini dari 30 kg bibit bawang merah bisa menghasilkan 150kg bawang merah.

Untuk melon dari 1200 tanaman bisa menghasilkan 10 ton melon pada panen kali ini, serta semangka merah dan semangka madu sudah mulai bisa dipanen.sedangkan tanaman yang lainnya akan terus dikembangkan.

Fahrul berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten HSU dalam hal ini Dinas Pertanian yang telah banyak memberikan dukungan baik bibit maupun alat-alat pertanian. Sehingga proses bercocok tanam bisa berjalan dengan lancar dan bisa terus kita tingkatkan.

“Saya lihat disini tempatnya tidak jauh dari lapangan cross, mungkin nantinya bisa dikembangkan jadi semacam agrowisata, sehingga kabupaten HSU bisa lebih mantap lagi dengan adanya hortikultura dan agrowisata” harapnya.

Pos terkait