Menanam Porang, 1 Hektar Bisa Menghasilkan Ratusan Juta Rupiah

  • Whatsapp
Tanaman Porang

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Tanaman Porang saat ini menjadi salah satu komoditas yang paling menjanjikan untuk dibudidayakan oleh petani. Betapa tidak, menanam Porang pada lahan 1 hektar bisa menghasilkan hingga ratus juta rupiah dalam sekali panen.

Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, tanaman berjenis ubi-ubian ini ternyata juga laris manis diberbagai negara seperti Jepang, Tiongkok, Vietnam dan  Australia. Tidak tanggung-tanggung, berdasarkan catatan Kementerian Pertanian RI nilai ekspornya mencapai puluhan triliun rupiah.

Direktur Utama PT Anugerah Porangkaya Indoensia, H Eko Susilo Nurhidayat SE, S.Kep, MM

Menurut Direktur Utama PT Anugerah Porangkaya Indoensia, H Eko Susilo Nurhidayat SE, S.Kep, MM komoditas Porang sudah banyak dikembangkan diberbagai negara seperti Thailand dan Jepang sejak puluhan tahun yang lalu.

“ Kita baru sekitar 5 tahunan ini mulai mengembangkannya,” ujarnya  kepada Wartaniaga.com saat melakukan sosialisasi peluang menanam Porang kepada sejumlah kelompok tani dan pengusaha di Banjarmasin, Selasa (11/8) malam.

BACA JUGA:  2 Aturan Membuat Slogan Produk yang Menarik

Meski demikian, dikatakannya ini tidak terlambat karena potensi pasar Porang masih sangat luas dan terbuka lebar baik untuk pasar dalam negeri terlebih pasar ekspor.

“ Saat ini Porang bisa dikatakan tanaman emas karena selain pangsa pasar yang sangat luas juga harga yang menjanjikan. Sekarang antara Rp 10.000 sampai Rp 13.000 per kilogramnya,” sebut pria yang juga pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi selama 2 periode ini.

Pos terkait