Menanam Porang, 1 Hektar Bisa Menghasilkan Ratusan Juta Rupiah

  • Whatsapp
Tanaman Porang

Dijelaskannya, dalam 1 hektar tanah bisa menanam 40.000 pohon Porang dan setiap pohon bisa menghasilkan paling sedikit 2 kilogram sekali panen.

“ Dalam 18 bulan bisa panen 2 kali, pertama dibulan ke 6 dan bulan ke 18. Jika setiap pohon menghasilkan 2 kg dengan rata-rata harga per kilo Rp 10.000, maka 1 hektar bisa menghasilkan Rp 800 juta untuk panen pertama,” paparnya seraya menambahkan untuk panen dibulan ke 18 hasilnya akan 2 kali lipat dari panen pertama karena ubi bagian bawahnya juga ikut dipanen.

Didampingi para Direksi PT Anugerah Porangkaya Indonesia, Eko meyakinkan apablia para petani mau menanam Porang dipastikan mampu meningkatkan kesejahteraan mereka. Bukan itu saja, pihaknya dalam waktu dekat juga akan membangun pabrik untuk menampung hasil panen para petani.

BACA JUGA:  Cerita Amat, Beli Mobil dari Hasil Rongsokan
Foto bersama sosialisasi peluang menanam Porang PT Anugerah Porangkaya Indonesia

“ Kami sudah membangun konsorsium dengan salah satu pengusaha lokal di sini dan sudah ada ribuan hektar tanah di Kalsel dan Kalteng yang disiapkan untuk menanam Porang. Jadi dengan potensi ini kami akan membangun pabrik  di Banjarbaru atau Martapura seperti yang kami lakukan di Banyu Wangi,” kata pria yang saat ini juga menjadi Bakal Calon (Balon)  Bupati Banyu Wangi ini.

Sementara itu, Ir Aris salah seorang ahli pertanian mengungkapkan Porang merupakan tanaman yang tahan terhadap berbagai gangguan hama sehingga lebih mudah perawatannya.

“ Dulunya kita mengenal Porang hanyalah tanaman liar tapi ternyata sangat bernilai ekonomis tinggi karena kandungannya sangat baik untuk kesehatan,” kata pria yang selama 15 tahun di Thailand sebagai konsultan pertanian ini.

BACA JUGA:  Ini Syarat Untuk Menjadi Entrepreneur Sukses Menurut Sandiaga Uno

Selain itu, ujar Aris  tanaman ini mudah tumbuh diberbagai tanah, bahkan tanah gambut yang banyak terdapat di Kalimantan. “ Kenapa kami melirik Kalimantan karena tanaman ini sebenarnya sangat cocok diiklim dan struktur tanah Kalimantan. Bahkan pada tanah hasil reklamasi tambah juga bisa tumbuh,” terangnya.

Ditambahkannya, Porang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik, industri farmasi hingga pengganti nasi disebagian negara Asia. “ Potensi Porang sangat luar bisa, hampir semua industri memerlukannya karena kandungannya yang sangat baik dan bermanfaat. Coba cek, beras Porang harganya mencapai Rp 185.000 perkilo,” ucap Aris.

Diungkapkannya, PT Anugerah Porangkaya Indonesia akan mendampingi petani Kalimantan dalam membudidayakan Porang hingga berhasil.

BACA JUGA:  Saingi Zoom, Facebook Rilis Massenger Rooms

“Jangan ragu untuk menanam Porang, kami dari PT Anugerah Porangkaya Indonesia siap mendampingi para petani mulai dari pembibitan, penanaman sampai panen. Tujuan kami hanya satu “ Sukses Bersama” petani sukses perusahaan terpenuhi bahan bakunya,” tutupnya.

Editor : Didin Ariyadi

 

 

Pos terkait