PT.TBM Bagikan 1.891 Setifikat Lahan Sawit Plasma

  • Whatsapp
PT.TBM Bagikan 1.891 Setifikat Lahan Sawit Plasma

Wartaniaga.com, Rantau – PT Tri Banua Mas (TBM) yang merupakan anak perusahaan dari Group Astra Agro Lestari membagikan sebanyak 1.891 sertifikat lahan sawit plasma untuk petani di 5 desa di Kabupaten Tapin.

Para petani yang tergabung dalam Koperasi Bangun Banua ini mendapatkan sertifikat atas nama mereka sendiri.

Sertifikat sebagai hak konsesi lahan ini diserahkan langsung Bupati Tapin, Muhammad Arifin Arfan, di Gedung Kawasan Pertanian Terpadu Tapin, Kamis (12/3) dan Direktur Operasional Kalimantan Selatan, PT Astra Agro Lestari, M.Irsyad Noor.

Dari lima 5 desa di ring-1 atau Kawasan yang berbatasan langsung dengan konsesi PT TBM, yang mendapatkan, yakni Desa Batalas, Desa Teluk Haur, Desa Buas-Buas Hulu, Desa Sawaja dan Desa Buas-Buas.

BACA JUGA:  Telur Aluh-Aluh, Diminati Tapi Terbatas Produksi

Kebun sawit plasma sendiri dinaungi koperasinya yang memiliki luas 2504 hektar atau sekitar 20 persen dari total luas inti konsesi PT TBM, yakni seluas 11.300 hektar.

“Alhamdulillah, baru koorporasi ini yang pertama menginfokan langsung kepada masyarakat secara terbuka. Kita apresiasi langkah-langkah yang sudah ditempuh PT.TBM. Jadi tidak ada lagi rasa was-was dan pengelolanya sudah standar yakni sesuai SOP yang berlaku,”ujar Bupati Tapin, Arifin Arfan, usai mengikuti prosesi penandatangan perjanjian kemitraan pembangunan kebun kelapa sawit.

Bupati Tapin sendiri memuji upaya yang dilakukan PT.TBM dalam memberdayakan masyarakat di sekitar perkebunan besar mereka. Dari sekian perusahaan perkebunan sawit di daerahnya, baru PT TBM yang membuat perkebunan plasma untuk warga.

BACA JUGA:  Produk Anyaman HSU Tembus Pasar Belanda

Bahkan kehadiran kebun plasma dari PT TBM juga membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga.Apalagi , pengelolaan benar-benar diserahkan kepada warga melalui koperasi yang langsung dibina oleh PT TBM.

Pos terkait