Hj Anisah Ikuti Pertemuan PLKB se Indonesia

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai –  Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Dra Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP, mengikuti Pertemuan Audiensi  Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Non PNS dengan Bupati/Walikota seluruh Indonesia melalui Video Conference (Vicon) Via Zoom Meeting bertempat di Mess Negara Dipa Kab. HSU, Selasa (11/8).

Menurut Kepala BKKBN Pusat, Hasto Wardoyo, kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan pelayanan program Bangga Kencana kepada seluruh keluarga dan masyarakat Indonesia yang dilakukan oleh Tenaga Penyuluh KB/PLKB.

Dikatakannya, rasio penyuluh KB PNS saat ini bila dibandingkan dengan jumlah desa atau kelurahan, 1 berbanding 6. Padahal, idealnya 1 orang penyuluh KB PNS berbanding 2 orang penduduk sedangkan jumlah PLKB Non PNS se Indonesia tercatat saat ini hanya sekitar 9.977 orang.

BACA JUGA:  Perguruan Pencak Silat 'Setia Hati Terate' Hadir di Kotabaru

Untuk itu, ia memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah memperkuat ketersediaan tenaga tersebut. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang telah memperkuat ketersediaan tenaga yang diperankan sebagai PLKB Non PNS,”katanya.

Sementara itu, Kepala DPPKB HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid berharap melalui pertemuan audiensi Kepala BKKBN pusat dengan pejabat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi, Kementerian Dalam Negeri dapat melahirkan kebijakan mengatasi kekurangan Penyuluh KB didaerah.

“Pada pertemuan audiensi secara video conference hari ini , para bupati dan walikota se Indonesia menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan program KB dan kependudukan, diantaranya terkait masih kurangnya tenaga PLKB di daerah,” ujarnya.

Pos terkait