DT Peduli Kalsel bersama Posyandu Anggrek Adakan Posyandu Keliling

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Daarut Tauhid (DT) Peduli Kalimantan Selatan bersinergi dengan Kader Posyandu Anggrek melaksanakan Posyandu keliling di wilayah Belitung Darat, Banjarmasin Barat.

Ketua Posyandu Anggrek, Ida Farida mengatakan untuk mengontrol perkembangan bayi dan balita dalam kondisi pandemi, ia mempunyai ide untuk melakukan Posyandu keliling agar monitoring tetap bisa dilakukan, tanpa harus mengumpulkan banyak orang.

Kepala Kantor DT Peduli Kalsel, Indreswati mengatakan Posyandu keliling merupakan salah satu bagian dari program Klinik Gizi dalam pilar kesehatan.

“Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi masyarakat agar tetap bisa mengontrol pertumbuhan dan perkembangan anaknya tanpa harus keluar rumah,” ujarnya, Selasa (18/8).

Ia juga mengatakan dalam kegiatan ini bisa mendapatkan data-data yang harus di perhatikan oleh para posyandu agar dapat memberikan penanganan.

BACA JUGA:  Adaro Raih Proper Emas

“Dari Posyandu ini juga kami bisa mendapatkan data bayi-balita bahkan ibu hamil yang masuk dalam kategori gizi kurang maupun gizi buruk, sehingga bisa diberikan penanganan khususnya dalam pemberian makanan tambahan yang lebih intensif,” jelas Indri.

Indri juga berharap, Posyandu keliling ini bisa diaktifkan oleh semua kader-kader di seluruh Banjarmasin, mengingat gizi buruk merupakan salah satu permasalahan serius dan akan bertambah di masa pandemi ini.

“Karena minimnya kesadaran dan kondisi ekonomi yang membuat masyarakat mengabaikan asupan dan kontrol terhadap pertumbuhan maupun perkembangan anak,” jelas Indri.

Tim DT Peduli yang digawangi satgas, relawan, dan beberapa orang penerima beasiswa mahasiswa bertugas mencatat data dan memberikan penyuluhan. Tak hanya itu, mereka juga membagikan makanan tambahan kepada 43 balita setelah masing-masing ditimbang dan diukur tinggi badan serta lingkar kepalanya.

Pos terkait