Petani Tanah Laut Panen Padi Hasil Uji Benih Baru

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari- Petani Desa Tambak Sarinah Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut lakukan panen padi hasil uji coba benih baru. ( 8/7 )

Jenis padi yang ditanam melalui kegiatan Pilot Project Berbasis Korporasi tersebut adalah benih padi jenis Hibrida, yakni Hipa 21, Hipa 19 dan Hipa 18 yang di produksi PT Tunas Widji Inti Nayottama.

Untuk di Kabupaten Tanah Laut, uji coba dilakukan di dua tempat, yakni di Kecamatan Kurau dan Kecamatan Panyipatan dengan luas lahan masing-masing 1 hektar. Panen dilakukan saat padi berumur 3 bulan 7 hari.

Abdurrahman dari PT Tunas Widji Inti Nayottama menuturkan, saat ini padi jenis Hibrida sangat diminati oleh para petani karena cocok ditanam dinegara tropis seperti Indonesia, selain karena produksinya lebih banyak dibanding padi unggul lain, juga karena padi hibrida bisa hidup dilahan basah maupun kering dan lebih tahan terhadap hama penyakit.
Produksi padi hibrida sendiri bisa lebih banyak dikarenakan padi ini adalah hasil persilangan dua indukan unggul.
” Alhamdulilah respon petani terhadap benih yang baru kita uji coba ini sangat baik, terutama pada jenis Hipa 21 ” tutur Abdurrahman.

BACA JUGA:  Puncak Haornas dengan Olahraga Menggerakkan Perekonomian

Sutomo, S.PKP Mantri Tani yang turut mendampingi kegiatan dilapangan menjelaskan tentang hasil panen dari ke tiga jenis benih yg di uji coba tersebut.
Perhitungan dilakukan dengan cara ubinan dengan luas 2.5 meter x 2.5 meter, hasilnya kemudian dikalikan 1600 untuk perhektarnya.
Hipa 18 untuk hasil ubinan mendapatkan hasil 4.6 kg, dikonfersikan kehektar menjadi 7.360 kg, Hipa 19 mendapatkan hasil ubinan 3.9 kg, dikonfersikan kehektar menjadi 6.240 kg dan untuk Hipa 21 mendapatkan hasil ubinan 4 kg, dikonfersikan kehektar menjadi 6.400 kg.

Pos terkait