Jelang Idul Adha, Bupati Sukamta Ingatkan Warganya Patuhi Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Jelang Peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 H, Bupati Tanah Laut, Sukamta berharap agar setiap masing – masing Kecamatan dapat menyiapkan Masjid yang menerapkan protokol kesehatan, yang nantinya akan mendapatkan sertifikat dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19. ( 25/7 )

Sukamta mengatakan bahwa telah ada surat edaran dari Kementerian Agama bahwa masyarakat diperbolehkan untuk sholat idul adha di masjid atau lapangan secara berjamaah, namun dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dirinya menambahkan, Surat edaran tersebut tentunya harus kita sikapi dengan baik karena diperkenankan untuk melaksanakan sholat Idul Adha, namun tentunya protokol kesehatan harus benar-benar di patuhi untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

BACA JUGA:  PKK Kalsel Masuk Nominasi Nasional LP2K

“Saya harap semua masjid dapat mematuhi protokol kesehatan, alhamdulillah angka kesembuhan kita meningkat tajam kemarin bahkan kita pulangkan sebanyak 55 pasien konfirmasi positif corona. Meski demikian tindakan pencegahan harus terus diupayakan,” tutur Sukamta.

Adapun isi dari surat edaran Kementerian Agama tersebut diantaranya adalah, jamaah sholat idul adha harus dalam keadaan sehat, membawa sajadah sendiri, menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, tidak bersalam-salaman atau berpelukan, menjaga jarak minimal satu meter dan anak-anak serta lansia tidak ikut sholat idul adha berjamaah.

Sementara itu untuk protokol kesehatan saat kurban diantaranya, pemotongan hewan kurban dilakukan ditempat yang terbuka dengan tetap menjaga jarak, tidak terjadi gerombolan warga, pendistribusian daging dilakukan panitia ke rumah warga-warga penerima dan para petugas pemotong kurban tetap menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan.

BACA JUGA:  Kapolres Tala Tinjau Operasi Lilin Intan di Wilkumnya

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait