Antrian Uji Swab Kalsel Mulai Berkurang

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Buah kerja keras Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Forkopimda beserta seluruh elemen masyarakat dalam memutus rantai penyebaran covid 19 menemui hasil yang menggembirakan.

Gubernur Bumi Lambung Mangkurat (Kalsel) H Sahbirin mengatakan salah satu dampak hasil gotong royong memutus penyebaran covid 19 dengan berkurangnya antrian uji swab.

“Ini berkat bantuan peralatan pusat dan kerja sama dengan fasilitas kesehatan dan pihak swasta,” ujarnya, Selasa (21/7).

Dirinya mensyukuri atas prestasi Kalsel yang sudah mampu mengurai antrean uji swab dan mengurangi penumpukan uji swab.

“Penyebaran virus corona bisa ditekan jika semua pihak bergotong royong untuk saling membantu,” tegas Paman Birin sapaan akrabnya.

BACA JUGA:  Ada 7 Kriteria Penerima Bantuan Sosial Bedah Rumah

Lanjutnya, hal lain yang paling penting adalah peran pemerintah daerah untuk terus memberikan sosialisasi protokol kesehatan melalui tim komunikasi informasi dan edukasi (KIE) dengan melibatkan segenap pihak.

“Semua harus bergerak melawan penyebaran Covid-19. Dari pemerintah daerah sampai dunia usaha, masyarakat, bersama-sama melawan Covid-19,” katanya.

Senada dengan Gubernur, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, HM Muslim mengatakan Kalsel mampu melakukan uji spesimen sebanyak 1218 perhari yang diperiksa di layanan kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta.

“Dengan melakukan kerjasama, tidak ada penumpukan uji spesimen, semuanya on process,” katanya.

Muslim yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalsel mengatakan Kalsel sudah mengirim 1100 spesimen ke Universitas Andalas Padang juga untuk dilakukan pengujian demi mengurai antrean pengujian di Kalsel.

Pos terkait