Tahun ini Kementrian Agama Tiadakan Ibadah Haji

  • Whatsapp
Kemenag

Wartaniaga.com, Banjarmasin-Secara resmi Kementerian Agama meniadakan penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 2020 ini. Hal ini diungkapkan Meteri Agama, Fachrul Razi saat konferensi pers virtula, Selasa (2/6) di Jakarta.

“Keberangkatan jemaah haji pada tahun 1441 Hijriah/2020 maka keputusan pemerintah tidak memberangkatkan,” ucapnya.

Dia menambahkan aspek sosial keagamaan sangat berdampak terhadap pandemi ini, maka kementrian membentuk pusat krisis Haji 2020. Pusat ini diberi mandat untuk mitigasi penyelenggaraan haji 2020 dan membentuk tiga skema penyelenggaraan haji.

“ Tiga skema ini merupakan haji normal, dibatasi atau dibatalkan” ujar fachrul

Menurut dia, Arab Saudi tidak membuka akses untuk negara manapun sehingga pemerintah memutuskan meniadakan keberangkatan haji. Ia juga mengatakan keluangan waktu juga tidak dimiliki pemerintah walaupun dengan pengurangan kuota jamaah.

BACA JUGA:  DLH Banjarmasin Bebaskan Biaya Pemakaman Covid-19

“Dalam skenario ini, maka rentang waktu haji akan lebih lama karena ada masa tambahan untuk karantina 14 hari sebelum berangkat, saat datang di Arab saudi dan kembali lagi ke tanah air”, ujarnya.

Penyelenggaraan haji di tengah pandemi ini Kementrian Agama telah melakukan kajian literatur terkait pelaksanaan haji di tengah wabah. Untuk faktanya akan terjadi tragedi puluhan ribu jemaah akan menjadi korban.

Sebelum meniadakan pemberangkatan ibadah haji kementrian agama telah meminta pendapat dari Majelis Ulama Indonesia dan berkonsultasi dengan Komisi Agama DPR RI.

Reporter : Nirma Hafizah

Editor : Didin Ariaydi

Pos terkait