BPP Martapura Barat Manfatkan Teknologi untuk Penyuluhan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Martapura- Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Martapura Barat memiliki cara efektif dalam memberikan penyuluhan kepada para petani di wilayahnya.

Jika pada umumya para petugas dari BPP mengumpulkan puluhan petani untuk menginformasikan program pertanian. Tapi bagi BPP Martapura Barat cara itu sudah tidak begitu sering dilakukan.

Menurut Kepala BPP Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Danil Bangsawan salah satu kendala dalam memberikan penyuluhan pertanian adalah sulitnya mengumpulkan petani.

” Permasalah klasik, susah mengumpulkan petani untuk jumlah yang banyak sehingga informasi yang ingin disampaikan seringkali tidak efektif,” ujarnya kepada wartaniaga.com, Selasa (26/5).

Untuk itu, sambungnya pihaknya saat memanfaatkan teknologi WhatApps dan membuat group khusus.

BACA JUGA:  Ibnu Tuntut Dinkes Tingkatkan Pelayanan

” Cara ini kami anggap lebih efektif dan efesien guna menyampaikan program dan informasi,” jelas Danil.

Dikatakannya, informasi bisa lebih cepat dan mudah disampaikan karena tidak semua petani ada di sawah saat petugas ke sana.

” Petani ada juga yang bekerja sebagai pedagang, buruh bangunan sehingga ketika tidak sedang bercocok tanam mereka melakuka pekerjaan itu. Dan otomatis tidak ada di sawah saat petugas mau melakukan penyuluhan,”terangnya

Meski demikian, katanya cara manual tetap dilakukan terlebih lagi jika ada program baru.

” Mengumpulkan petani masih kami lakukan jika ada program baru. Selain itu, kami juga datang ke rumah-rumah warga, ke warung-warung dan tempat para petani sering berkumpul,”papar Danil.

BACA JUGA:  Dinilai Kurang Sosialisasi, Bus Trans Banjarmasin Sepi Penumpang

Berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura kabupaten Banjar terdapat 7.373 hektar lahan pertanian yang ada di kecamatan Martapura Barat dan 95 persen penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Reporter : M Hidayatullah
Editor : Didin Ariyadi

Pos terkait