Membaca Dapat Meningkatkan Potensi Diri Menghilangkan Stres

  • Whatsapp
berita membaca

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Membaca merupakan cara bagaimana meningkatkan potensi dan dengan membaca efektif bisa menghilangkan stres. Hal tersebut berulang diucapkan oleh Nazwa Shihab saat mengisi ‘Talkshow Pembudayaan Gemar Membaca’ oleh Pemko Banjarmasin di HBI, Kamis (5/12).

Duta Baca Indonesia ini juga banyak menceritakan hal dan motivasi bagaimana agar gemar membaca. Menurutnya, dengan membiasakan diri untuk selalu membaca secara tidak langsung juga melatih diri dalam memaksimalkan kemampuan kita.

Muat Lebih

“Berlatih memulai menggemari membaca dengan membaca buku meskipun sedikit. Bila saya, sekarang sudah mampu menyelesaikan 300 halaman dalam satu hari. Itu karena sudah terbiasa,” bebernya dihadapan peserta yang mendominasi mahasiswa dan komunitas pemuda itu.

BACA JUGA:  Distanhorbun Tanah Laut Kembali Uji Coba Alat Panen Jagung

Dalam kesempatan itu, wanita yang kerap dipanggil Nana ini menceritakan pengalamannya ketika kecil bagaimana pola asuh yang diterimanya dari lingkungan keluarganya.

berita membaca

“Semua capaian saya ini adalah berkat didikan keluarga, terutama ayah saya, ketika waktunya tidur ayah yang selalu membacakan cerita sebagai pengantar lelap,” paparnya.

Ia menegaskan, jangan pernah mengannggap remeh kebiasaan tersebut. Pasalnya menurut Nana dengan membacakan cerita atau dongeng sebelum tidur, hal itu akan membangkitkan imajinasi dan merangsang rasa penasaran si anak untuk ikut membaca.

Oleh karena itu Nana berharap dengan gencarnya gerakan budaya membaca, bisa menjadikan bagian hidup bahkan merubah rutinitas terutama bagi generasi muda, yang kelak akan menjadi penerus bangsa.

BACA JUGA:  Mardani H Maming : Siapkan Anak Muda Kalsel Hadapi Bonus Demografi

Jika ingin menjadi masnusia yang beradab, maka janganlah meninggalkan perpustakaan. “Sebab itu bagaikan jendela bagi kita semua dalam hal membangun peradaban,” ucapnya.

Nana mengaku terkesan dengan peningkatan minat baca di Banjarmasin yang sudah meningkat dari sebelumnya. “Tentunya ini tidak lepas dari peran pemerintah, masyarakat terutama keluarga,” ujarnya

Manfaat Membaca Dapat Menghilangkan Stres

Sementara itu Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, demi meningkatkan literasi serta menarik minat baca masyarakat Kota Baiman, Pemerintah Kota Banjarmasin mendatangkan narasumber dari Duta Baca Indonesia Najwa Shihab dan perwakilan dari Perpustakaan Nasional RI pada gelaran talkshow di Banjarmasin.

Dengan mendatangkan Duta Baca Indonesia, Nazwa Shihab, ini guna memancing antusiasme generasi muda untuk berhadir dalam acara talkshow yang diselenggarakan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Banjarmasin,

BACA JUGA:  KKB Ingin Solusi Terbaik, Terkait Sengketa Lahan PT BPP

Ibnu menyebut, kota Banjarmasin memiliki minat baca yang tinggi. Terbukti dari tahun ke tahun masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan mengalami peningkatan.

“2018 lalu mencapai belasan ribu pengunjung, tahun ini mencapai saja sudah mencapai 11.000 pengunjung yang terdata oleh perpustakaan Kota Banjarmasin,” ucap Ibnu disela acara Talk Show Pembudayaan Gemar Membaca di Aula Himalayan Ballroom, HBI, Banjarmasin.

Menurutnya, perpustakaan merupakan simbol dari suatu peradaban. “Karena peradaban yang maju akan menghargai karya literasi yang sudah ada untuk diabadikan dan dibaca oleh generasi penerusnya dutempat yang bernama perpustakaan,” jelasnya.

Penulis : Zakiri
Editor : Hamdani
Foto : Zakiri

Pos terkait