Wujudkan Fungsi Rekreasi, Perpustakaan Tendean Dihias Mural

Perpustakaan palnam

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel mempunyai tiga kantor yang jaraknya berjauhan yakni terdiri dari Perpustakaan Palnam, Depo Perpustakaan Tendean, dan Bidang Arsip di Banjarbaru.

Dalam keberadaannya perpustakaan mempunyai tiga fungsi pertama fungsi pendidikan artinya perpustakaan adalah tempat yang menyediakan sarana untuk belajar baik dilingkungan formal ataupun non formal.

Kedua fungsi rekreasi artinya perpustakaan berisikan berbagai sumber informasi hiburan seperti cerita rakyat, puisi, dan lain sebagainya sehingga masyarakat bisa menikmati rekreasi kultural dengan membacanya.

Perpustakaan Palnam Mengembangkan Apresiasi Budaya

Selanjutnya, ketiga fungsi kultural perpustakaan berfungsi untuk mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat dengan berbagai aktivitas, contohnya pameran, bedah buku, seminar, pertunjukan dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  MI Nurul Huda Gambut Masih Memprihatinkan

Perpustakaan palnam

Guna mendukung salah satu fungsi perpustakaan yaitu sebagai wahana rekreasi, Depo Perpustakaan Tendean membuat Mural (lukisan dinding) yang dikerjakan oleh para seniman lokal. Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardi, mengatakan, terkait gambar budaya lokal di dinding beton tersebut dilakukan agar menjadi khasanah rekreasi, budaya dan pendidikan yang menarik anak anak dan remaja sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Fungsi Perpustakaan Palnam

Perpustakaan palnam

“Dengan cara membuat perpustakaan menjadi tempat yang intragamable dan familiar untuk pengunjung kita berharap secara tidak langsung ini akan meningkatkan kunjungan, kepesertaan dan selanjutnya penambahan koleksi buku di Perpustakaan” ucapnya.

Mural tersebut bertemakan kearifan lokal tentang sosial budaya masyarakat banjar, lingkungan, kesenian tradisional, permainan tradisional, dan sebagainya yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Banjar.

BACA JUGA:  42 Calon Anggota Baru Ikuti PPAB GMNI

Reporter : Zakir
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Zakir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *