Trotoar Sering Disalahgunakan Untuk Parkir dan Jalan Motor

  • Whatsapp
Trotoar
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap rambu lalu lintas maupun fasilitas umum sering ditemui di perkotaan, tak terkecuali di Kota Banjarmasin. Sebagai buktinya, trotoar yang semestinya untuk pejalan kaki di kota ini banyak disalahgunakan untuk parkir dan jalan motor.

Mensiasati itu, saat ini Dinas PUPR Kota Banjarmasin memasang ‘tunggul’ atau bollard atau pengaman di jalur trotoar. Sedikitnya ada 30 titik bolland dipasang di trotoar Jalan Ahmad Yani, dengan total keseluran ada 120 biji.

Menurut Kepala Bidang Jalan dan PJU Dinas PUPR Banjarmasin Chandra. ratusan bollard yang berbentuk batang di tengah trotoar itu, selain pengamanan, bolland juga berfungsi membantu kaum disabilitas.

BACA JUGA:  TP PKK Gelar Maulid Nabi, Hj Siti Fatimah Ajak Tegakkan Sunnah Dalam Hidup

“Ada sekitar 120 stand bollard, tersebar di 30 titik. Satu titiknya ada empat stand bollard,” ujarnya.

Trotoar Untuk Jalan Kaki di Kota Disalahgunakan Untuk Parkir dan Jalan Motor

Kendaraan roda dua yang melintas di trotoar memang kerap dikeluhkan para pejalan kaki. Sebab, mereka tidak bisa berjalan dengan nyaman.

Pemko juga memasang beberapa rambu anyar di Jalan Karet. Mulai larangan berhenti, larangan parkir, dan pembatasan jam untuk truk. Rambu baru tersebut disebar ke sejumlah titik.

Demikian, lanjutnya komitmen Pemko melindungi dan memberi kenyaman bagi masyarakat ketika berada di ruang publik.

Salah satunya dengan memasang bollard-bollard di jalur trotoar Jalan Ahmad Yani.

BACA JUGA:  Sebagai Bentuk Keakraban, Paman Birin Dihadiahi Sorban

Selain berfungsi melindungi para pejalan kaki dan pada difabel. Desain bollard yang menarik itu juga semakin mempercantik trotoar jalan di Kota Pahlawan.

“Dipasang bollard itu supaya para pengendara roda dua (R2) tidak naik, sehingga para pejalan kaki dan kaum disabilitas merasa nyaman dan aman saat berjalan,” terangnya.

Selain memasang bollard di jalur trotoar, Pemko  juga mengadakan lampu taman disertai kursinya. Harapannya, fasilitas demikian bisa digunakan warga kota seribu sungai.

Editor / Foto : Hamdani

L

Pos terkait