Kota Idaman Raih Penghargaan ‘Kota Sehat’ Dari Presiden

  • Whatsapp
Kota Sehat
L

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Pemerintah Kota Banjarbaru menambah deretan prestasi lagi setelah penghargaan sebagai sekolah sehat se Indonesia pekan lalu. Baru ini kota yang berjuluk kota Idaman ini raih penghargaan oleh Presiden RI sebagai Kota tersehat se Indonesia.

Wakil Walikota Banjarbaru, Darmawan Jaya mengatakan, dengan ini prestasi kota Banjarbaru bertambah setelah penghargaan sebagai sekolah sehat dan kota Pendidikan.

“Alhamdulillah, saya mewakili Walikota yang sedang betandang ke Jakarta akhirnya Banjarbaru dinobatkan sebagi Kota Sehat se Indonesia,” ujarnya dalam sambutan di acara Hari Kesehatan Nasional ke-55  di Lapangan Mini Haji Idak Banjarbaru yang dihadiri oleh Forkopimda dan SKPD se-Kalimantan Selatan, Sabtu (30/11).

Kota yang Berjuluk Sebagai Kota Idaman Ini Meraih Penghargaan dari Presiden RI Sebagai Kota Sehat

Ia melanjutkan, bukti keberhasilan yang didapatkan Kota Banjarbaru yakni dengan diperlihatkannya 10 Puskesmas yang sudah memenuhi standarisasi. Bahkan, dari GERMAS (Gerakan Masyarakat) itu sendiri membuktikan adanya penurunan resiko angka penyakitan pada 2015 mencapai indeks 7,38 persen hingga 2019 menurun menjadi 3,63 persen. Maka hal ini, merupakan pencapaian yang luar biasa bagi dirinya dan warga Banjarbaru khususnya.

BACA JUGA:  Troy Harap Paman BirinMu Perjuangkan Aspirasi Anak Muda

“Mudah-mudahan dengan adanya GERMAS ini bisa menjadikan spirit masyarakat agar selalu menjalankan pola kesehatan dengan baik,” tuturnya.

Jaya menyebutkan lagi, Kota yang memang masuk dalam penilaian sebagai Kota sehat se Indonesia ini tak lepas dari peran masyarakat yang sadar akan menjaga kesehatan serta lingkungan di daerahnya tersebut. Terbukti, dari peran serta fungsi dari Dinas terkait seperti Dinkes, Puskesmas dan warga bahu membahu dalam menegaskan gerakan tersebut.

“Dan salut ya bukan hanya orang dewasa, anak-anak remaja pun juga ikut dalam meggalakkan gerakan ini,” ungkapnya.

Mendapatkan Gelar Sebagai Kota Sehat se Indonesia Ini Tak Lepas dari Peran Masyarakat yang Menjaga Kebersihan Lingkungan

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat sekaligus Panitia Pelaksana, Rusmadi. SKM., M. Kes, mengharapkan, agar bukti ini bisa terjaga dengan baik, pihaknya akan mempertahankan gelar tersebut dengan lebih menggalakkan sosialisasi ini mulai dari generasi muda hingga dewasa guna terwujudnya lagi  penurunan indeks pola tak sehat yang masih tersisa berubah menjadi pola hidup sehat di Kota Banjarbaru hingga 0,0 persen untuk target kedepannya.

BACA JUGA:  Musrenbang, Ajang Diskusi Negosiasi Untuk Tentukan Prioritas Pembangunan

“Ya , Insha Allah, hal ini tetap kita tingkatkan, bahkan, mendapatkan gelar sebagai Kota Sehat se Indonesia dan ini sangat luar biasa dan kita tingkat lagi bersama-sama,” ungkapnya.

Dalam rangka mewujudkan itu, Pihak Pemko Banjarbaru juga bekerjasama dengan Pemerintah Provinisi Kalsel beserta pendukung lainnya dalam menggalakkan gerakan masyarakat yang cerdas untuk selalu bersama-sama menjaga pola hidup yang sehat serta beperilaku dalam rangka perwujudan sesuai julukan yang baru didapatkan itu.

“Dari 10 Puskesmas, Dokter, SKPD bahkan Dinkes Provinsi juga hadir untuk mendukung dan memberikan selamat serta remaja hingga dewasa sekalipun terima kasih sudah mendukung gerakan ini,” pungkasnya.

Reporter : Riswan
Editor      : Hamdani
Foto        : Riswan

Pos terkait