Loading...
56 views

Lewat Aladin, Dinsos Bedah 150 Rumah di Banjarmasin

Rumah
Loading...

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Kota Banjarmasin masih memiliki PR dalam penanganan pemukiman kumuh. Dalam waktu dekat Pemerintah Kota banjarmasin akan melakukan program bedah rumah terhadap rumah warga yang masuk dalam kategori tak layak huni.

Program tersebut bernama program Aladin (Atap Lantai dan Dinding) yang akan dijalankan oleh instansi perangkat daerah dilingkup Pemko Banjarmasin. Yakni Dinas Sosial Kota Banjarmasin.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Iwan Ristianto selaku Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin. menurutnya program ini adalah pelimpahan kewenangan tugas oleh Walikota melalui Perwali kepada Dinsos. Yang semula dipegang oleh Disperkim Kota Banjarmasin setelah 2016.

“Meski sama tujuannya namun penanganannya berbeda, mereka (Disperkim) perkawasan, sedangkan kami perbuah,” ucapnya.

Program Bedah Rumah Warga Kategori Tak Layak Huni

Sebelumnya pada tahun 2018 juga pernah mengucurkan program tersebut. Setelah keluarnya Perwali, Program Aladin juga akan dilaksanakan pada 2020 mendatang.

Rumah

Ia menambahkan pada tahun 2020 nanti pihaknya akan menargetkan sebanyak 150 unit rumah tersebar di seluruh kota Banjarmasin yang memakan anggaran berkisar Rp 33M. “Perbuahnya kami anggarkan sebesar Rp17,5 juta untuk perbaikan atap, lantai dan dinding,” jelasnya.

Iwan juga menegaskan ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh masyarakat sebelum mendapatkan bantuan dari program tersebut. Seperti harus masuk dalam BDT (Basis Data Terpadu), memiliki kelengkapan admisnistrasi atas tanah yang dihuninya, dan memang termasuk warga yang tidak mampu.

BACA JUGA:  Ada 7 Kriteria Penerima Bantuan Sosial Bedah Rumah
Loading...

“Program ini bertujuan agar dapat melaksanakan rehabilitasi rumah khususnya terhadap masyarakat miskin dan rentan miskin agar mempunyai rumah yang layak huni,” tutup iwan.

Reporter : Zakir
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Zakir

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *