Festival Kuda Lumping di Tala Berkah Bagi Pedagang

  • Whatsapp
Festival Kuda Lumping

Wartaniaga.com, Pelaihari – Mengenakan kemeja putih loreng hitam Mastono ( 35 ) tampak gembira karena jualan yang digotong dengan motor roda duanya laris manis ketika kegiatan festival kuda lumping yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan festival seperti ini dinilai oleh beberapa pedagang sebagai berkah tersendiri yang mampu membuat lebih laris jualan mereka, terlebih bagi sebagian pedagang pentol dan es blender, kedua jenis pedagang itu sangat bersyukur ketika festival semacam ini digelar.

Pedagang Diserbu Pengunjung Festival Kuda Lumping

Saat disambangi wartaniaga.com, Mastono mengatakan dirinya sangat bersyukur karena pentol dagangannya laris manis diserbu pengunjung yang memadati festival kuda lumping 2019 di Kecamatan Takisung itu.

BACA JUGA:  Bupati HSU Apresiasi Program Arrum Haji PT Pegadaian

Bapak 2 orang putra ini mengungkapkan bila hari – hari biasa dirinya harus berkeliling menjajakan dagangannya, namun saat kegiatan seperti ini cukup dengan mangkal saja pada acara tersebut.

“Kalau tidak ada acara seperti ini, biasanya saya keliling kampung mas,” tutur Mastono.

Festival Kuda Lumping

Ia mengakui walaupun sudah berkeliling kampung, namun hasil yang diperoleh Masto hanya berkisar antara Rp100 hingga 150 ribu, itupun harus dipotong untuk beli bahan bakar sepeda motornya.

“Alhamdulilah kalau ada acara seperti ini bisa dapat sampai Rp 400ribu hingga 500 ribu mas, tanpa perlu keluar uang bensin,” tambah Mastono.

Senada dengan itu, Suratman ( 49 ) pedagang minuman es blender, mengatakan bila ada acara seperti ini ometnya akan naik sampai 100 persen.

BACA JUGA:  Hiswana Migas Keluhkan Kuota BBM Kalsel

dirinya biasa berjualan diacara pengantin atau diacara – acara sejenis. “Saya biasanya jualan kalau ada acara pengantin, biasa dapat 150 ribu hingga 200 ribu, tapi kalau acara seperti ini bisa dapat 500 ribu sampai 600 ribu,” beber Suratman.

Suratman menambahkan dirinya bersama puluhan pedagang lainnya merasa sangat senang bila ada kegiatan atau acara serupa, selain buat hiburan juga bisa meningkatkan pendapatan para pedagang seperti dirinya.

“Sering – sering aja ada acara seperti ini mas ” Suratman mengakhiri.

Reporter : Tony Widodo
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Tony

Pos terkait