Alfamart Terancam Tutup, DPMPTSP Tidak Akan Perpanjang Izin

  • Whatsapp
Alfamart

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Banjarbaru tegas tidak memperpanjang izin terhadap retail Alfamart sebelum melunasi tunggakan pajak.

Kepala DPMPTSP Kota Banjarbaru, Rahmah Khairita, mengatakan, sesuai dengan rapat koordinasi bersama BPPRD Kota Banjarbaru kemarin, pihaknya sepakat untuk penunda perpanjangan kepada 10 retail yang hampir habis masa perizinan usahanya.

Muat Lebih

Loading...

“BPPRD meminta kami untuk menunda perpanjangan ke 10 mini market nasional itu sebelum pelunasan pajak tunggakan dibayar,” ujarnya kepada Wartaniaga.com di ruang kerjanya, Rabu (13/11).

Alfamart Belum Lunasi Tunggakan Pajak

Ia melanjutkan, penundaan tersebut bertujuan agar pihak retail alfamart bisa segera membayarkan tunggakannya, namun, hal itu, belum juga digubris oleh mini market tersebut hingga sekarang.

BACA JUGA:  Ada 5 Calon Pilwali Banjarmasin Daftar ke PDIP

“Mereka inginkan flat dalam pembayarannya kalau Rp 500 ribu ya segitu aja, tapi sudah BPPRD sudah lakukan uji petik jadi tidak bisa flat,” bebernya.

Alfamart

Kemudian, Rahmah, menyebutkan, siap dan bahkan tidak masalah apabila memang untuk kebaikan bersama, tentu pihaknya harus mendukung untuk kemajuan serta perkembangan dalam pembangunan di Kota Idaman. Padahal, secara tidak sadar, alfamart sendiri sudah masuk diwilayah yang patuh dan taat pajak sesuai dengan ketetapan undang-undang dan Perda yang sudah ada dan sudah disepakati.

“Mau tidak mau dia harus ikut aturan disini, tidak bisa donk dibayar sama kaya di Banjarmasin,” tandasnya.

Ia menjelaskan, dalam hal ini, pihaknya tidak mempunyai maksud dan tujuan untuk menghambat perkembangan bisnis usaha retailnya itu karena tidak membayar sejumlah tunggakan kedapa BPPRD Kota Banjarbaru, akan tetapi, mereka inginkan kesadaran dalam mengoptimalkan pihak alfamart sendiri dalam peran tanggungjawabnya untuk melunasi sejumlah pajak yang tertunggak.

BACA JUGA:  Paman Birin Jadikan Uncle Hard Enduro, Sarana Promosi Wisata

“Kalau izin perpanjangan dimudahkan nanti, tapi dalam rangka mendukung BPPRD Kota, lunasi dulu lah tunggakan itu,” ucapnya.

DPMPTSP tidal Memperpanjang Izin Alfamart Sebelum Melunasi Tunggakan Pajak

Ia menyampaikan, memang secara khusus pihaknya sudah dimudahkan dalam hal perizinan usaha, namun, akan tetapi, apabila mereka sudah memenuhi segala kewajibannya seperti taat membayar pajak daerah sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Mereka kan usaha disini harus ikut aturan lah dan itu pun tidak kehendak pemerintah disini, yang sudah bayar pajak kemarin Zahra lumayan banyak juga,” pungkasnya.

Ia mengatakan lagi, apabila pihak retail tersebut sudah membayar sejumlah tunggakan pajak tersebut kepada Pemerintah Kota, maka, DPMPTSP baru bisa memberikan perpanjangan izin kepada Alfamart dengan memperlihatkan bukti pembayaran tunggakan itu kepada mereka.

BACA JUGA:  Sempat Viral, Akhirnya Baliho di Atas Trotoar di Bongkar

“Harapannya juga kepada retail ini agar di selesaikan dulu kewajiban pajaknya sesuai dengan aturan yang ada,” tutupnya.

Reporter : Riswan
Editor      : Hamdani
Foto        : Riswan

Pos terkait