Sekarang Bayar Pajak PBB Bisa Via Aplikasi Go-Pay

Sekarang Bayar Pajak PBB Bisa Via Aplikasi Go-Pay

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Guna memaksimalkan mutu pelayanan serta kemudahan masyarakat dalam melunasi Pajak Bumi Bangunan (PBB). Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Banjarbaru menerapkan sistem pembayaran online lewat go-pay sebagai kepanjangan tangan mereka.

Menurut Sekretaris Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Masrul, seiring perkembangan teknologi di era industri 4.0 sekarang ini, pihaknya terus dengan memanfaatkan gadget untuk solusi dalam terus meningkatkan pelayanan perpajakan dan retribusi daerah.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Alhamdulillah, kita harus melek dengan teknologi ini dan harus diakui kalau zaman millenial lh sekarang yang harus dilirik,” ujarnya kepada Wartaniaga.com diruang kerjanya, Selasa (22/10).

Ia mengatakan untuk urusan ini sudah dipermudah dengan membuka aplikasi yang sudah tertera. Bahkan, masyarakat tidak perlu bingung dalam menggunakannya karena sudah dilengkapi dengan pemberkasan yang lengkap tanpa harus mendatangi kantor BPPRD Kota Banjarbaru dan setelah transaksi selesai di go-pay, pelapor tinggal membayar pajak tersebut ke bank pembangunan daerah terdekat.

“Tinggal pilih bayar pajak, pilih Jogjakarta atau Banjarbaru, dan masukkan kodenya selesai,” bebernya.

Masrul menyebutkan hal ini perlu adanya sosialiasi serta pendekatan kepada masyarakat sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam bertransaki lewat layanan mobile yang diberikan oleh BPPRD Kota Banjarbaru. Namun, pihaknya tidak menampik adanya generasi tua yang ternyata bisa mengikuti perkembangan zaman dan menggunakan gadget dan bukan hanya mayoritas generasi muda saja.

“Kami ada tim satgas disana dan tidak menutup kemungkinan yang lahir tahun 1962 banyak yang bisa gunakan gadget,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ia menjelaskan perkembangan teknologi ini bukan hanya diimbangi dari kekuatan aplikasi go-pay saja, akan tetapi, pihaknya juga menggandeng bank daerah sebagai kepercayaan BPPRD dalam menjalankan tugas sebagai penerima pajak daerah yang bersumber dari usaha masyarakat, walaupun sudah bekerjasama dengan perusahaan unicorn terbesar milik Indonesia dibidang transportasi online.

“Selain go-pay, kami juga bekerjasama dengan bank daerah disini yang intinya untuk perkembangan kota Banjarbaru lah,” ucapnya.

Ia menambahkan tercetusnya kerjasama antara pihak BPPRD dan transportasi online ini bersama bank pembangunan daerah tersebut, masyarakat tidak dikenakan beban biaya apabila melalukan transaksi pembayaran pajak seperti PPB karena hasil itu sudah masuk dalam tanggungan bank kepada go-pay dan pihaknya hanya menerima dari ketetapan pajak yang sudah ditentukan.

“Ya, dalam pembayaran itu sudah masuk persenan dari bank ke go-pay lah, secara tidak langsung pun, paling cuma Rp 3500 dapat lebihnya,” tutupnya.

Reporter : Riswan
Editor      : Hamdani
Foto        : Riswan

Pos terkait

banner 468x60