logo wartaniaga

Pimpinan Definitif DPRD Kalsel Segera di Tetapkan

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan periode 2019-2024 akan segera dibentuk dalam waktu dekat.

Sekretaris Dewan (Sekwan) melalui kabag persidangan, M. Jaini mengatakan 4 orang unsur pimpinan yang diusulkan untuk menjadi definitif pada rapat paripurna pertama kamis 12 September 2019 yang lalu, terdiri dari 1 ketua dan 3 wakil ketua.

“Sebagaimana yang kita ketahui melalui proses dan mekanisme sesuai dengan ketentuan telah disetujui pada rapat paripurna untuk diusulkan dari DPP masing – masing untuk menjadi definitif,” tungkasnya.

M. Jaini membeberkan pihaknya telah mengirim surat kepada Gubernur Kalimantan Selatan untuk memproses dan menindaklanjuti penetapan 4 unsur pimpinan dewan tersebut.

BACA JUGA:  Hiswana Migas Keluhkan Kuota BBM Kalsel

“Jadi suratnya sudah diserahkan ke Gubernur, selanjutnya akan diperoses dan diserahkan ke menteri dalam negeri sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

M. Jaini menjelaskan semua proses harus berdasarkan pada SOP (standar operasional) sehingga harus dituntut secepatnya pembentukan pimpinan definitif agar kinerja dewan tidak ada kevakuman.

“Kami akan mengusahakan pimpinan definitif segera terselesaikan lebih cepat, baru kemudian membentuk penetapan tatib DPRD yang ditanda tangani oleh pimpinan definitif,” jelasnya.

Kemudian setiap peroses penetapan pimpinan definitif akan selalu mendapat kawalan melalui kordinasi yang disingkronkan dengan kepala daerah.

“Akan tetap kami kawal karena ini ada 2 kepentingan, pertama eksekutif tugas beliau meneruskan ke mendagri, sedangkan kami mengawal kalau ada hal atau persyaratan yang harus dipenuhi,” bebernya.

BACA JUGA:  Bulog : Daging Beku Lebih Murah, Halal dan Sehat

Diketahui sebelumnya pimpinan sementara mempunyai 4 fungsi yang harus dilaksanakan, pertama memfasilitasi rapat – rapat, selanjutnya memfasilitasi pembentukan alat kelengkapan dewan, ketiga memfasilitasi pembentukan tata tertib dan terakhir memproses pimpinan sementara menjadi pimpinan definitif.

“Jadi untuk anggaran belum bisa melaksanakan kecuali untuk pimpinan sementara, karena kemaren ada surat dari kemendagri menyatakan untuk pimpinan sementara diberikan fasilitasi berupa anggaran untuk koordinasi dan lainnya,” tutupnya.

Reporter : Abel
Editor : Mukta
Foto : Abel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *