Tim Gabungan Sidak Kesiapan Mudik

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari – Tim gabungan yang terdiri dari  Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Laut (Tala) ,Satlantas  dan Satnarkoba Polresta Tala,BNN  Tala dan Jasa Raharja melaksanakan inspeksi  mendadak (sidak) terpadu di Terminal Tanah Habang,  Pelaihari kabupaten Tala,Selasa (28/5).

Kabid Darat Dinas Perhubungan Tala,  Yudrianoor  mengatakan kegiatan ini  bertujuan menjaga dan menjamin keselamatan para penumpang terutama angkutan umum.

Muat Lebih

“  Kewajiban kami dari Dinas Perhubungan untuk memastikan kendaraan yang dipergunakan khususnya  angkutan umum itu layak jalan,sehingga keselamataan penumpang terjamin dan  persiapan pengamanan arus mudik” terangnya kepada wartaniaga.com

BACA JUGA:  Serangan Hama Ulat Grayak Ancam Gagal Panen Jagung di Pelaihari

Dikatakannya, pada operasi ini dilakukan pengecekan surat  menyurat, uji kelayakan kendaraan mulai dari kondisi ban, rem, lampu dan lainnya termasuk kondisi sopir itu sendiri.

Meski  bukan menjadi daerah tujuan mudik utama di Kalsel, Kabupaten Tala akan mengalami kepadatan arus lalu lintas pada H+2 lebaran.

“Kita harus ekstra waspada pada  H+2 lebaran,karena saat itu masyarakat banyak  pergi ke tempat-tempat  wisata,arus lalu lintas sangat padat,karenanya kita akan persiapkan jalur  alternatif apabila nanti terjadi penumpukan kendaraan di jalur menuju tempat wisata” ungkap Yurdi.

Sementara itu, Kanit Rajawali Satlantas Polres Tala,  Aipda Ferry menambahkan dalam kegiatan ini selain Satlantas pihaknya  juga melibatkan Satnarkoba dan BNN untuk memastikan setiap sopir bebas narkoba.

BACA JUGA:  Batu Ampar Dikucurkan Dana 5,9 Miliar

“Setiap sopir kami periksa dan  lakukan tes urine untuk memastikan apakah menggunakan narkoba atau tidak,bila terbukti positif maka akan kami lakukan pemeriksaan dan tindakan lebih lanjut” paparnya.

Terkait persiapan  arus mudik lebaran, dirinya mengatakan  Polres Tala telah menyiapan pos-pos  di itik-titk tertentu,ada Pos Pelayanan dan Pos Pengamanan. “ Khusus untuk tahun ini ada 2 pos tambahan yakni di Gunung Kayangan dan di Takisung” ucap Ferry.

Reporter : Toni Widodo

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Toni Widodo

 

Pos terkait