Legislator Balangan Apresiasi Inovasi “OJEK IBU PERGI”

Wakil Ketua DPRD Balangan Hanil Tamjid

Wartaniaga.com, Paringin – Inovasi OJEK IBU PERGI (Ojek Ibu Hamil Pemeriksaan LAB dan USG) yang diluncurkan Puskesmas Juai mendapat apresiasi dari Legislator DPRD Balangan dari Dapil 2 yang meliputi kecamatan Juai dan Halong, Hanil Tamjid.

Seperti diketahui, Inovasi OJEK IBU PERGI adalah kegiatan jemput antar yang dilakukan petugas puskesmas bagi ibu hamil atau memeliki anak balita yang tidak memiliki alat transportasi.

menurut Hanil yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Balangan, inovasi OJEK IBU PERGI sangat membatu mengantisipasi kematian ibu hamil atau pun bayi, ungkapnya kepada awak media, Sabtu (13/4/24)

Misalnya, pada saat ibu hamil ada keluhan atas kehamilannya dan mau melakukan pemeriksaan ke puskesmas atau kerumah sakit tapi terkendala transportasi, maka OJEK IBU PERGI bisa membantu.

“Jadi melalui inovasi tersebut para ibu hamil bisa terbantu untuk pergi ke puskesmas. Kami sangat mengapresiasi inovasi seperti itu, semoga ini bisa menjadi contoh bagi puskesmas lainnya,”ujarnya.

Seperti yang disampaikan Kepala Puskesmas Juai, dr. Ismawati, inovasi OJEK IBU PERGI ini merupakan salah satu strategi yang bertujuan untuk para ibu hamil mendapatkan hak nya untuk melakukan pemeriksaan Laboraturium dan pemeriksaan USG disaat kehamilan walaupun tidak ada pihak keluarga yang bisa mengantar.

Adapun cara kerja atau operasionalisasi inovasi ini yaitu melakukan pendataan ibu hamil, melakukan pemeriksaan awal ibu hamil, melengkapi buku KIA, mendapatkan umur kehamilan, membuat dan menghitung jadwal pemeriksan laboraturium dan pemeriksaan USG di Trimester 1, 2 dan 3, serta membuat janji hari yang ditentukan untuk pergi ke Puskesmas dan juga ke Rumah sakit.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60