Pentingnya Update Aktivitas Indentitas Kependudukan Digital

Ibu Aman ( kerudung putih ) Saat Memberikan Pemahaman Tentang Aktivasi Indentitas Kependudukan Kota Banjarmasin

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Sosialisasi yang dilakukan oleh Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Selatan, Dra. Hj. Rachmah Norlias, adalah langkah yang penting dalam upaya peningkatan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Dengan melibatkan warga Pemurus Baru dan Pemurus Dalam, serta menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin,pihaknya berupaya untuk menjelaskan manfaat IKD dalam memudahkan kebutuhan administrasi masyarakat.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Alasan pemilihan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalsel Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Kependudukan (Adminduk) oleh Ibu Amah sapaan akrabnya adalah, karena dianggap sangat bermanfaat bagi warga kota Banjarmasin.

Dalam hal ini, ibu Amah dan pihak Disdukcapil berusaha menyampaikan informasi tentang aplikasi IKD dan Aplikasi WEB “Parak Acil Online” yang diluncurkan oleh pemerintah Kota Banjarmasin.

Sejumlah warga yang menghadiri sosialisasi

Langkah-langkah ini penting karena masih banyak warga yang belum mengetahui keberadaan aplikasi tersebut. Dengan sosialisasi yang intensif, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mempermudah proses administrasi kependudukan.

“Sangat penting untuk meningkatkan sosialisasi mengenai Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan program Parak Acil Online kepada masyarakat,” ucapnya.

Terakhir dirinya mengimbauan kepada masyarakat untuk selalu mengupdate data dokumen kependudukan mereka juga sangat relevan. Dengan terus memperbarui data kependudukan, baik saat terjadi perubahan status seperti anak yang telah tamat sekolah atau mulai bekerja, maupun perubahan lainnya, dapat membantu memastikan bahwa informasi yang terkandung dalam sistem kependudukan tetap akurat dan terkini.

“Ini penting untuk memastikan efektivitas pelayanan kependudukan serta keakuratan data yang disediakan oleh pemerintah,” pungkasnya.

Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60