Apresiasi Kegiatan Jelajah Cagar Budaya, Paman Yani Ajak Generasi Muda Jaga Warisan Budaya

Paman Yani Tekankan Pentingnya Mengajak Generasi Muda Menjaga Warisan Budaya

Tanah Bumbu – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, mengapresiasi kegiatan Jelajah Cagar Budaya yang diusung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel.

Wakil rakyat akrab disapa Paman Yani menilai, Jelajah Cagar Budaya sangat baik bagi generasi muda, agar benar-benar memahami bahwa budaya adalah bagian dari masa lalu.

“Tentu saja budaya ini mesti harus kita terus ingatkan kembali kepada generasi muda kita untuk mencintai budaya Banjar. Meskipun kita tahu di Tanah Bumbu ini ada beragam ras seperti Jawa, Bugis, Bali dan lainnya,” ujar Paman Yani usai menjadi pembicara sekaligus membuka kegiatan Jelajah Cagar Budaya, di SMA Negeri 1 Simpang Empat, Tanah Bumbu, Rabu (25/10).

Menurut Paman Yani, cagar budaya memiliki nilai sejarah di dalamnya. Seperti wisata tebing Goa Liang Bangkai, di Kecamatan Mantewe, Tanah Bumbu, yang dulunya tempat pejuang bersembunyi dan mengatur strategi dalam melawan penjajah.

“Kami tentu sangat berbahagia dengan. Karena bisa dibilang secara langsung melalui kegiatan ini, visi misi dari Pemerintah dalam meningkatkan pengetahuan tentang kebudayaan kepada generasi muda sangat tepat sasaran,” tutur legislator Daerah Pemilihan (Dapil) VI Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru itu.

Paman Yani berharap, apa yang disampaikannya bersama dengan narasumber lainnya bisa diserap dengan baik oleh seluruh siswa yang hadir.

“Kita berharap generasi muda kita benar-benar mencintai budaya Banjar. Jangan lupa juga kalau budaya itu bukan hanya bersifat benda tapi juga kebiasaan dan perilaku. Seperti semangat dalam bergotong royong, terutama dalam menjaga apa yang diwariskan kepada kita. Termasuk juga lingkungan sungai, pesisir pantai dan lainnya,” pungkas Paman Yani.

Sementara itu,Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel Arry Risfansyah, menyebut, Jelajah Cagar Budaya sudah berlangsung selama tiga tahun.

Tujuannya yakni untuk pemanfaatan dan penggunaan tentang cagar budaya seperti Goa Liang Bangkai yang menjadi situs wisata Nasional.

“Tentu ini perlu menjadi perhatian kita dan harus ditanamkan kepada generasi muda,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Wakasek Bidang Kurikulum SMA Negeri 1 Simpang Empat, Apriannoor Miradinata, mengaku sangat berterimakasih banyak kepada Disdikbud Kalsel, khususnya juga kepada Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi yang langsung datang ke sekolah untuk menyampaikan materi tentang pentingnya menjaga warisan budaya.

“Tentu saja kami sangat senang karena melalui kegiatan ini siswa tidak hanya melaksanakan pembelajaran di kelas tetapi juga melihat langsung ke lokasi cagar budaya yang ada,” katanya.

Melihat antusias para siswa yang sangat tinggi, Apriannoor berharap kegiatan ini terus berjalan setiap tahun.

“Yang mana mereka (siswa) punya tujuan untuk melestarikan kebudayaan dan tentu ini disambut sangat baik oleh SMAN 1 Simpang Empat,”¬†tutupnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60