Pertamina Ajak Masyarakat Olah Sampah 3R

Wartaniaga.com,Banjarbaru– PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui DPPU Syamsudin Noor mencanangkan program CSR bertema Penghijauan dan Pengelolaan Lingkungan (Hiling) dengan mengajak kelompok bank sampah Sumber Rezeki di RT 33 Kasturi, Kelurahan Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, untuk mengolah sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomi dan utilitas tinggi. Kegiatan diselenggarakan di Gedung Serbaguna RT 33 Kasturi dan dihadiri oleh Operation Head Pertamina Patra Niaga Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Syamsudin Noor, Hariyanto, serta kepala kelurahan Syamsudin Noor, Faisal Rahman, S.TP., MA.

Dalam sambutannya, Faisal Rahman, mengatakan bahwa isu sampah menjadi permasalahan global sehingga perlu dilakukan upaya untuk mengatasi isu tersebut. “Meskipun yang kita lakukan tidak berdampak langsung pada kehidupan dunia, tapi sekecil apapun upaya yang kita lakukan pasti akan memberikan menfaat dalam penyelamatan lingkungan,“ ujarnya

Sebelumnya disampaikan pada Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca 2023 Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru bahwa terdapat 0,68 kg sampah yang dihasilkan perorang setiap harinya. sampah yang terus menumpuk akan merugikan masyarakat, mencemari lingkungan, dan mendatangkan berbagai penyakit.

Menjawab isu tersebut, DPPU Syamsudin Noor mendorong kreativitas masyarakat dalam pengolahan 3R (reduce, reuse dan recycle) sampah plastik. program CSR bidang lingkungan ini juga menggandeng Bank Sampah Sumber Mutiara Tangerang (BSSMT) dalam mendampingi pengolahan 3R sampah plastik.

Sebanyak 30 peserta dari RT 33 Kasturi antusias mengikuti kegiatan manajemen bank sampah serta pengolahan sampah melalui metode 3R tersebut. Kegiatan dimulai dari pemilahan sampah tutup botol minuman kemasan atau sampah jenis HDPE (High Density Polyethylene). Kemudian sampah tersebut diubah menjadi Barang Bernilai Guna Dan Ekonomi (BBGE), Seperti meja, kursi, jam dinding maupun tatakan gelas. Sehingga diharapkan juga mampu mengangkat nilai ekonomi masyarakat yang terlibat kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Hariyanto, selaku OH DPPU Syamsudin Noor menyampaikan bahwa perusahaan berkomitmen mendukung kegiatan pada Program CSR Hiling di Kasturi.

“Kami turut mendukung upaya bank sampah agar naik kelas, harapannya dapat menghasilkan output yakni barang inovatif dan kreatif untuk meningkatan ekonomi kelompok dalam misi penyelamatan lingkungan” ujarnya.

Melalui program CSR, PT Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk menciptakan kondisi operasional yang bersinergi dengan lingkungannya. Dalam menjalankan kegiatan penyaluran energi kepada masyarakat Pertamina Patra Niaga senantiasa akan terus berkolaborasi dengan masyarakat sekitar sehingga kebutuhan energi akan terpenuhi secara optimal. Jika masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut terkait operasional Pertamina Patra Niaga dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina.

Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60