Kalsel 73 Tahun, Mamanda dan Tarian Bagedek Baimbai Bagarak Banua Sambut Paman Birin dan Muhidin

Wartaniaga.com,Banjarmasin– Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menyuguhkan pertunjukan seni mamanda dan tari kolosal pada peringatan Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Selasa (15/8) pagi.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin yang tiba bersama istri Hj. Raudatul Jannah begitu tiba di lokasi acara disambut dengan kesenian Mamanda.

Para seniman Mamanda menyambut dan mempersilahkan Gubernur Kalsel itu itu masuk dan diantar hingga ke tempat duduk acara.

Ikut dalam penyambutan kedatangan Paman Birin diantaranya Wagub H. Muhidin beserta istri Hj. Fathul Jannah serta Guru Wildan Salman.

Selanjutnya, Paman Birin beserta para undangan disuguhkan tarian kolosal yang dibawakan kaum milineal dari SMA dan SMK se- Kalimantan Selatan dengan mengangkat judul Bagedek Baimbai Bagarak Banua.

Menggunakan pakaian serba kuning para penari yang berjumlah 100 orang ini mampu membuat kagum seluruh penonton yang hadir termasuk Maharaja Paman Birin.

Gedek merupakan ragam gerak khas Kalimantan Selatan yang berasal dari Kabupaten Kotabaru.

Bagedek sebagai simbol kekuatan, keseriusan dan keselarasan dari sebuah semangat.

Bergerak, bergerak dan terus bergerak hingga banua Kalimantan Selatan tak henti bergerak, melaju pada kemajuan pembangunan.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Suharyanti mengatakan, penampilan tarian kolosal merupakan salah satu realisasi kami terhadap para seniman muda, dalam mengembangkan kreativitas.

Editor : Eka Pertiwi
Sumber : Biro Adpim Setdaprov Kalsel

Pos terkait

banner 468x60