Meriahkan Tahun Baru Islam, Masyarakat Desa Mekarpura Pawai Obor Sambil Bersholawat Keliling

BERKAH: Ratusan masyarakat Desa Mekarpura saat pawai obor sambil bersholawat keliling kampung.

Wartaniaga.com,Kotabaru- Dipenuhi rasa bahagia dan semangat, ratusan masyarakat di Desa Mekarpura, Kecamatan Pulau Laut Tengah melaksanakan pawai obor dan burdah keliling kampung dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam ke 1445 Hijriah, Selasa (18/7).

Terpantau di lapangan, dari ratusan masyarakat yang ikut tersebut mulai dari anak anak, remaja sampai orang dewasa.

Mereka semuanya kompak memakai pakaian busana muslim, ada yang menggunakan sarung, gamis dan peci.

Luar biasanya, semua peserta yang ikut secara bersamaan menyenandungkan sholawat yang diiringi rebana dari Majelis Ba’alawy Desa Mekarpura.

Membuat masyarakat, yang rumahnya dilintasi rombongan pawai tersebut keluar untuk ikut bersholawat.

Tidak sedikit dari masyarakat juga mengambil gambar dari video untuk mengabadikan momen yang penuh berkah tersebut.

Ketua Masjid Al Musamahah, Zulkifli sekaligus Ketua Panitia dalam penyelenggaraan pawai obor menyampaikan, pawai obor ini dalam rangka memperingati tahun baru Islam.

“Alhamdulillah tahun ke tahun pesertanya terus meningkat. Tahun ini kurang lebih 300 orang,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, bahwa acara ini merupakan agenda tahunan di Desa Mekarpura. “Kami berharap dengan diadakannya acara ini masyarakat bisa lebih akrab lagi dengan hari hari besar Islam. Dan lebih meningkatkan lagi ukhuwah islamiyah,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarpura, Kambran menambahkan, bersyukur tahun ini pawai obor ini kembali dilaksanakan.

“Alhamdulillah Mudahan tahun depan bisa lebih meriah lagi, Insyaallah kami dari Desa Mekarpura tahun depan sudah menganggarkan dana untuk tahun baru Islam di tahun depan,” ungkapnya.

Melihat hal tersebut, Syamsuddin Ganie salah satu tokoh agama di Desa Mekarpura juga sangat bersyukur diadakannya acara ini.

Insya Allah tambahnya dengan diadakannya kegiatan ini generasi muda Islam dapat lebih memahami nilai-nilai tradisi Islam dan ketaatan dalam beragama.

“Dengan diadakannya sholawat keliling kampung ini Insyaallah syiar Islam akan semakin berkembang di Desa Mekarpura. Mudahan berkat sholawat, diangkat bala musibah di Desa Mekarpura,” doanya.

Reporter: Jumain.
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60