Gambah Luar Targetkan Juara Asman Toga dan Wakili Kalsel ke Nasional

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Kandangan- Desa Gambah Luar, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, mengikuti lomba asuhan mandiri tanaman obat keluarga (Asman Toga) tingkat provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Tim Penilai Provinsi Kalsel melakukan kunjungan langsung ke Kampung Asman Toga Mashnau Shihah, di Jalan Rantauan, Desa Gambah Luar, Jumat (29/7). Penyambutan berlangsung meriah dengan pertunjukan musik tradisional.

Bupati HSS Achmad Fikry, turut mengunjungi lokasi, untuk melihat pelaksanaan penilaian. Hal itu sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Camat Kandangan Syamsuri mengungkapkan, Desa Gambah Luar ditargetkan bisa menjadi juara satu dalam lomba Asman Toga dan Akupresur tersebut.

“Targetnya juara satu, dan bisa mewakili Provinsi Kalsel di tingkat nasional,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pemkab Balangan Akan Miliki Istana Anak Yatim

Ia menerangkan, berbagai persiapan sebelumnya telah maksimal dilakukan dalam menghadapi lomba itu secara baik dan benar.

Salah satunya pembinaan dan pengawasan, yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten HSS bersama dengan lintas sektor termasuk TP PKK Kabupaten HSS.
Pembinaan dan pengawasan kepada Kelompok Asman Toga, dilakukan dalam beberapa kali pertemuan..

Pemanfaatan Toga, ibu-ibu Desa Gambah Luar meracik jamu bubuk dengan memanfaatkan kunyit dan sirih merah sebagai bahan utama.

Ramuan tersebut dipercaya banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya mengeluarkan racun berbagai penyakit, menyehatkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, mengatasi stres, menambah mood, dan manfaat lainnya.

Selain itu, adapula rebusan bunga telang, yang dipercaya dapat meningkatkan stamina dan konsentrasi.

BACA JUGA:  Korban ke Dua Sungai Kandangan Akhirnya Ditemukan

 

Reporter : Amutz
Editor : Aditya

L

Pos terkait